Guru SD dan Komputer

Pernah sekali waktu saya diminta kawan saya mengetik sebuah proposal. Karena sesuatu hal, saya harus keluar rumah dan meninggalkan komputer yang saya letakkan di ruang tamu dalam keadaan menyala. Pada saat yang sama kawan saya pun datang, namun saya belum pulang. Ketika saya pulang ke rumah, kawan saya rupanya belum pulang dan ngobrol di ruang tamu dengan istri saya.
“Sudah selesai, Pak?” tanya kawan saya.
“Belum, maaf Bu,” kata saya.
“Sebenarnya boleh saja Ibu lanjutkan mengetik, toh hanya ketikan biasa dan komputer masih menyala.
Oalah, Paaak, terus terang wae aku nggak bisa!” katanya.
“O, ya?” kata saya pula.
Sambil melanjutkan mengetik, kami pun berbincang. Kata kawan saya, masih banyak kawan-kawan guru khususnya guru sekolah dasar yang belum bisa mengoperasikan komputer.
“Biarpun cuman ngetik,” katanya.
Saudaraku, seperti halnya handphone atau telepon seluler, komputer sebenarnya bukan barang yang mahal. Lagi pula secara umum pembelajaran IT sudah dimulai sejak kelas satu SMP. Sedangkan sebagian besar guru yang belum bisa mengoperasikan komputer rata-rata mempunyai anak yang sudah duduk atau hampir duduk di kelas satu SMP. Jadi, komputer -menurut saya- mutlak dimiliki agar teori yang didapat dan dipraktikkan putra putri kita di sekolah dapat dikembangkan lebih lanjut di rumah.

Selain itu, jika guru memiliki komputer sendiri di rumah, guru bisa belajar mandiri (entah dari buku atau bertanya dengan anak sendiri) tanpa terhalang oleh rasa “malu”. Nggak usah malu dikatakan “kebo nyusu gudel” atau “induk menyusu kepada anaknya” meskipun kita belajar kepada anak kita atau orang yang lebih muda.

So, segera beli komputer (meskipun bekas atau rakitan), segera belajar, jangan takut komputer rusak, karena rasa takut dan rasa ‘sayang’ tanpa alasan amat menghambat.

(Di daerah lain mungkin hal ini tidak terjadi)

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

One thought on “Guru SD dan Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *