PUSAT SUMBER BELAJAR

Setiap guru pasti setuju kalau ia bukan satu-satunya sumber belajar bagi murid-muridnya. Tapi, sejauh ini, masih banyak guru yang menganggap dirinya satu-satunya sumber belajar meskipun mereka menyadari bahwa ia bukan satu-satunya sumber belajar. Lho?
La iya to, gimana tidak? Di depan kelas beliau nyrocos menerangkan pelajaran, memberi tugas, memeriksa tugas, selesai.
Beliau tidak memanfaatkan sumber belajar untuk membantu meningkatkan keefektifan belajar anak-anak didiknya.

Mengapa sumber belajar selain guru menjadi penting?
Anak didik di sekolah melakukan proses belajar. Proses belajar hanya terjadi jika ada interaksi antara anak didik (pebelajar) dengan sumber belajar (di antaranya guru).
Terjadinya proses belajar tidak mengharuskan keadiran seseorang yang mengajar, karena proses belajar adalah proses perubahan perilaku akibat interaksi antara individu dengan sumber belajar yang dapat terjadi kapan saja, di mana saja dengan siapa atau apa saja.

Guru, mestinya terampil mengelola sumber-sumber belajar yang ada. Lembaga yang berperan mendorong keefektifan proses pembelajaran di sekolah dinamakan pusat sumber belajar.

Jadi, apa Pusat Sumber Belajar (PSB) itu? Pusat sumber belajar yaitu suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah/universitas) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan (layanan sumber belajar, pelatihan, konsultansi pembelajaran, dll), fungsi pengadaan/ pengembangan, fungsi penelitian dan pengembangan, dll.

Tujuan PSB Tujuan PSB yaitu eningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran melalui pemanfaatan berbagai sumber belajar secara maksimal dan melembag.

Sasaran PSB
Yang menjadi sasaran pusat sumber belajar yaitu: siswa/mahasiswa/warga belajar, guru, instruktur, widyaiswara, pamong belajar, karyawan, dan masyarakat umum.

Apa manfaat PSB?
PSB bermanfaat untuk:
memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar, melayani kebutuhan perkembangan informasi bagi masyarakat belajar, meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran,baik secara individu maupun kelompok, memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem pembelajaran, mendorong cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran, memajukan usaha penelitian yang perlu tentang penggunaan media pembelajaran, melaksanakan latihan bagi para tenaga mengenai pengembangan sistem pembelajaran dan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran, memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar, menyediakan pelayanan pemeliharaan atas berbagai macam peralatan.

Jadi, fungsi pusat sumber belajar adalah:

  1. Fungsi pengembangan sistem pembelajaran
  2. Fungsi pelayanan media pembelajaran;
  3. Fungsi produksi;
  4. Fungsi administrasi; dan
  5. Fungsi pelatihan.

Bagaimana peran guru? Guru berperan menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar pada siswa.

(Bahan diolah dari http://pustekkom.depdiknas.go.id)

2 thoughts on “PUSAT SUMBER BELAJAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *