Belajar Melalui Video

Siswa belajar di sekolah biasanya mendengarkan, mencatat, bertanya, menjawab pertanyaan, merangkum, dan sebagainya. Sayangnya sang guru maupun siswa tidak merekam bagaimana guru mengajar atau interaksi pembelajaran yang berlangsung. Akibatnya, siswa harus mengulang sendiri di rumah dengan bantuan ingatan membayangkan bagaimana Bapak/Ibu Guru menerangkan di depan kelas.

Andai ada rekaman interaksi pembelajaran, pasti siswa lebih paham dalam menyerap pelajaran. apa daya, sangat tipis kemungkinan untuk itu. Seandainya saja ada video yang mampu memberikan penjelasan sejelas guru menerangkan pelajaran disertai contoh-contoh yang mudah dipahami, niscaya sangat membantu para siswa (putra-putri kita) menguasai materi pelajaran.

Ternyata, ada media yang menawarkan bimbingan belajar yang interaktif dan pembelajaran melalui video yang relatif mudah dicerna karena menggunakan bahasa “gaul” yang sesuai untuk para putra putri kita melalui media internet. Namun, jika memilih bimbingan belajar menggunakan media internet, siswa/orang tua wajib mencermati. Alih-alih mau mengikuti bimbel on line akhirnya terjebak pada website yang banyak  iklannya.

Apabila tertarik mengikuti bimbel online, pandai-pandai mencermati, karena bimbel online yang bertanggung jawab biasanya memiliki ciri-ciri:

  1. memiliki free akses video yang bisa dicoba
  2. menyediakan full akses video yang bisa dicoba
  3. tidak “ribet” dalam memilih konten video
  4. website tidak penuh iklan
  5. memiliki versi CD/DVD yang bisa diakses secara offline dan isi CD dapat diakses

Anda mau coba, klik saja www.zenius.net

Buat para guru, metode penjelasan dalam video bisa jadi inspirasi.
Salam, selamat belajar dan mengajar.

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *