TAKON SAPA (Pita Konversi Satuan Panjang) Alat Bantu Mengubah Satuan Panjang

Mama, aku bingung ngubah satuan panjang. Kata Bu Guru, turun tangga satu tingkat dikalikan sepuluh kalau naik tangga satu tingkat dibagi sepuluh. Gimana, nih?

Terdengar dialog imajiner dalam benakku ketika baru saja beranjak tidur. Sambil menyilangkan tangan di dada, segera anganku pun membayangkan bahwa dalam kenyataannya mengubah satuan panjang yang lazim guru ajarkan adalah dengan teknik anak tangga satuan panjang. 

Sebagaimana keluhan si adik tadi, mengubah satuan panjang “besar” menjadi satuan panjang “kecil” di bawahnya relatif mudah. Misalnya jika ingin mengubah ukuran panjang 2 kilometer menjadi meter tinggal menghitung dan mengalikannya dengan perpangkatan sepuluh sebanyak tangga yang “dituruni”.

Karena dari kilometer ke meter membutuhkan 3 anak tangga maka dikalikan 1000 (seribu). Jadilah 2 kilometer sama dengan 2000 kilometer.

Persoalannya menjadi lain ketika akan mengubah satuan meter menjadi kilometer karena harus membagi dengan 1000. Berapa kilometerkah 2 meter itu?

Sumber gambar: Advernesia

Mengubah Satuan Panjang

Ketika anak akan mengubah satuan meter menjadi kilometer dia sudah mulai dihadapkan pada pengetahuan yang kompleks. Dia harus menguasai konsep pembagian, konsep pecahan desimal dan penulisannya, meskipun sebelum anak belajar konsep satuan panjang mereka sudah harus memahami kedua konsep yang disebutan sebelumnya. Jadi, ketika ditanya 2 meter sama dengan berapa kilometer? Anak akan menjawab, 2 : 1000 = 0,002 kilometer

Membayangkan “kerepotan” siswa memahami konsep konversi satuan panjang dengan bantuan anak tangga di atas, pikiranku pun sibuk mengingat-ingat akan satu hal yang juga berkaitan dengan konversi satuan panjang. Namun karena hari telah larut, aku tunda untuk mencari jawabannya esok hari.

Keesokan hari, aku buka kembali catatan (ketahuan nih, kalau lagi diajari sibuk mencatat, sesudahnya tidak dibuka lagi). Di buku catatan itu aku temukan teknik konversi satuan panjang yang tidak lagi menggunakan “anak tangga” (kebayang kan capeknya naik turun tangga walaupun hanya tujuh anak tangga), tetapi cukup geser kiri dan kanan (hayo capek mana dibandingkan naik turun?).

Takon Sapa?

Alat yang digunakan adalah “Pita Konversi Satuan Panjang” selanjutnya saya sebut saja Takon Sapa sebagai akronim dari alat tersebut. Dalam dialek Yogya/Solo dibaca takon sopo yang artinya tanya siapa. Tanya siapa? Ya tanya kepada pita konversi satuan panjang itu sendiri. Bercanda, ya!

Gambar: Dok. Pribadi


Tidak berbeda konsep sebenarnya dengan anak tangga satuan panjang. Hanya, “tangga”-nya direbahkan. Sehingga konsep turun menjadi geser kanan, konsep naik menjadi geser kiri. Yang beda adalah “pengoperasiannya”. Bentuk dan besarnya pita disesuaikan dengan lebar buku atau kertas “buram” untuk coret-coret.

Anak tangga konversi satuan panjang digunakan sebagai alat bantu untuk menentukan pengali atau pembagi dengan bilangan perpangkatan dari sepuluh (10, 100, 1000, dan seterusnya). Pita Konversi Satuan Panjang tidak hanya sebagai alat bantu namun sekaligus sebagai alat hitung. Lho, kok bisa? Begini caranya.

Ketika diminta, 2 km = … m

Langkah yang dilakukan:

  1. Letakkan pita Takon Sapa pada buku atau kertas buram.
  2. Letakkan angka 2 di bawah satuan KM.

     

  3. Karena yang dicari adalah meter, berilah angka nol sampai di bawah satuan M.

     

  4. Dapatlah jawabannya, 2 km = 2000 m


Ketika diminta, 1km = … m

Langkah yang dilakukan pun sama:

  • Letakkan pita Takon Sapa pada buku atau kertas buram.
  • Letakkan angka 2 di bawah satuan KM.  

 

  • Karena yang dicari adalah meter, berilah angka nol sampai di bawah satuan M.

 

 

  • Dapatlah jawabannya, 2 km = 2000 m


Bagaimana mengerjakan, 1,376 m  = … mm.

  • Letakkan pita Takon Sapa pada buku atau kertas buram.
  • Karena 1,376 satuannya meter, letakkan angka 1 di bawah M.

 

 

  • Jarak dari M ke MM adalah 3 “langkah”, geser koma sebanyak 3 “langkah” juga.

 

 

  • Dapatlah jawabannya 1,376 m = 1376 mm


Soal yang lebih kompleks misalnya sebagai berikut.

1,5 km + 123,2 dam + 0,12 hm = … dm


Tanpa penulis uraikan dengan kata-kata, silakan pembaca memerhatikan peragaan berikut.




Kalimat kuncinya adalah letakkan nilai satuan bilangan pada satuan panjang yang akan dikonversikan.

Semoga membantu! 


Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

15 thoughts on “TAKON SAPA (Pita Konversi Satuan Panjang) Alat Bantu Mengubah Satuan Panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *