Mengenal Nikel

Pembaca yang budiman, media baik elektronik maupun media sosial marak memberitakan tentang nikel. Kata nikel telah kita kenal sejak duduk di bangku sekolah dasar. Salah satu buktinya adalah dijelaskannya kata nikel sebagai jenis logam yang keras dan tahan karat. Logam nikel selalu digunakan dalam bentuk campuran dengan logam lain. Demikian uraian singkat tentang nikel yang dapat ditemui pada buku Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL) SD Terbitan Wahyu Media (2002)  halaman 96 pada Bab Lima subbab A. Bahan Galian di Indonesia. Tentu ini adalah penjelasan sederhana konsumsi siswa sekolah dasar. Lantas apa sebenarnya nikel itu dan mengapa sekarang ramai diperbincangkan?

Sejarah Pertambangan Nikel di Indonesia 
Berdasarkan publikasi dari Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI), sejarah pertambangan nikel di Indonesia dimulai pada 1901. Saat itu, Kruyt, seorang berkebangsaan Belanda, meneliti bijih besi di pegunungan Verbeek, Sulawesi. Kemudian, pada 1909, EC Abendanon, juga ahli geologi berkebangsaan Belanda menemukan bijih nikel di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, dilanjutkan dengan eksplorasi pada tahun 1934 oleh Oost Borneo Maatschappij (OBM) dan Bone Tole Maatschappij. Di Soroako, pada 1937, seorang ahli geologi bernama Flat Elves melakukan studi mengenai keberadaan nikel laterit. Pada 1938, dilakukan pengiriman 150.000 ton biji nikel menggunakan kapal laut oleh OBM ke Jepang.

Baru 30 tahun kemudian yakni pada 1968 diterbitkan Kontrak Karya (KK) untuk penambangan nikel laterit kepada PT International Nickel Indonesia (INCO) dengan area di beberapa bagian Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Wilayah itu di antaranya termasuk Soroako dan Pomalaa. Saat ini, seluruh saham PT INCO sudah diambil alih oleh perusahaan pertambangan nikel dari Brasil dan berubah nama menjadi PT Vale Indonesia. BUMN yang juga memiliki lokasi pertambangan nikel yang luas adalah PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau ANTAM. Lokasi tambangnya terdapat di Pulau Sulawesi dan Halmahera. 

Apakah Nikel Itu?
Nikel adalah logam berwarna putih keprak-perakan yang mengkilap. Logam ini termasuk peralihan karena terletak pada golongan VIII B dan periode 4 pada sistem periodik. Nikel memiliki lambang kimia Ni dan nomor atom 28. Nikel ini dapat melebur/melelh pada suhu 1.455 derajat Celsius dan mendidih pada suhu 2.730 derajat Celsius.

Gambar Nikel (Sumber: https://ilmugeografi.com/geologi/daerah-penghasil-nikel-di-indonesia)

 

Gambar Nikel (Sumber: http://www.vale.com/indonesia/BH/business/mining/nickel/Pages/default.aspx)

 

Gambar Nikel Batangan (Sumber: https://m.medcom.id/ekonomi/energi/4KZ6PA6K-potensi-cadangan-nikel-indonesia-capai-60-miliar-ton)



Kapan Nikel Ditemukan?
Nikel telah dikenal lama sekitar 3.500 SM sebagai bahan campuran tembaga dalam pembuatan mata uang dan sebagai bahan paduan logam di berbagai industri logam.

Bagaimana Sifat Nikel?
Nikel tergolong logam yang lunak sehingga mudah dibentuk atau ditempa, memiliki sifat magnetik, tidak mudah berkarat, dan dapat dipoles. 

Apa sebenarnya yang diincar dari nikel? 
Nikel memiliki berbagai kegunaan. Kegunaan nikel banyak sekali yaitu:

1. Pembuatan Stainless Steel

Stainless steel merupakan campuran dari nikel-krom. Stainless steel ini sering ditemui pada perabotan sehari-sehari yang tidak mudah berkarat seperti sendok, garpu, kran air, shower, dan lain sebagainya.

2. Campuran Besi Baja

Besi baja yang memiliki campuran nikel memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan besi baja yang dicampur dengan alumuniu. Selain itu besi baja campuran nikel juga tidak mudah berkarat seperti rel kereta api, jembatan, dan lain sebagainya.

3. Koin

Mata uang suatu negara memiliki 2 jenis yaitu dalam bentuk kertas dan bentuk koin. Mata uang yang memiliki bentuk koin dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang dicampur dengan unsur nikel. Di Kanada, koin lima sen dolar dijuluki “satu nikel”. 

4. Industri Otomotif

Nikel dan Krom biasanya digunakan dunia otomotif seperti Velg, Rangka, Bumper, Knalpot, Handle Rem, baling-baling kapal dan lain sebagainya.

5. Industri Baterai


Nikel juga naik daun dikarenakan nikel merupakan salah satu bahan baku pembuatan industri baterai yang bisa digunakan untuk kendaraan listrik. Nikel menawarkan energy density yang lebih tinggi serta storage capacity yang lebih besar dengan ongkos lebih murah. 

6. Pelapis Kaleng Pada Industri Makanan

Unsur nikel sangat baik digunakan sebagai campuran atau pelapis anti karat. Logam yang dilapisi unsur nikel tidak cepat rusak karena sifatnya yang anti karat. Nikel sering digunakan sebagai pelapis kaleng pada industri makanan.

7. Elektroplating

Elektroplating adalah pelapisan logam dengan memanfaatkan arus listrik dan larutan elektrolit. Pelapisan menggunakan nikel dikenal dengan istilah nickel plating. Nikel sering dipilih karena memiliki daya gesek rendah dan tidak menganggu sifat elektromagnetik.

8. Bahan baku pembuatan monel.

Monel merupakan salah satu jenis logam yang merupakan campuran dari nikel dan tembaga. Hal ini dapat menghasilkan logam yang keras dan kuat, tahan terhadap karat, namun dengan harga yang relative lebih terjangkau dibandingkan jenis besi yang full stainless. Biasanya, monel ini dipergunakan sebagai :

  • Baling-baling pada kapal laut
  • Sebagai aksesoris, seperti: lionting, rantai kalng, gelang, dan cincin.


9. Melapisi senjata

Sifatnya yang kuat dan anti karat, nikel juga sering dimanfaatkan sebagai pelapis dari berbagai jenis senjata yang diproduksi di pabriknya. Dengan menambahkan lapisan nikel pada senjata, maka kalitas senjata akan bertambah baik, karena menjadi lebih kuat dan tahan karat serta tidak mudah mengalami korosi.

Ternyata banyak sekali manfaat nikel ya, Pembaca! Betapa nikel memiliki posisi penting bagi sejumlah industri mulai dari peralatan rumah tangga hingga mobil listrik. Jadi wajar saja, nikel menjadi buah bibir masyarakat dunia. Bahkan, dunia panik ketika pasokannya berkurang.

Demikian sekelumit pengetahuan tentang nikel, semoga bermanfaat.


Sumber referensi:

https://initu.id/pengertian-nikel-sifat-proses-pembentukan-dan-manfaatnya/https://duniatambang.co.id/Berita/read/510/Bisa-Menggemparkan-Dunia-Apa-Sih-Pentingnya-Nikelhttp://www.vale.com/indonesia/BH/business/mining/nickel/Pages/default.aspxhttps://m.medcom.id/ekonomi/energi/4KZ6PA6K-potensi-cadangan-nikel-indonesia-capai-60-miliar-tonhttps://books.google.co.id/books?id=Ed6ax6dbi3gC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *