Manfaat File Quick Access di Windows 10 dan Cara Menonaktifkannya

Teman-teman yang laptop/komputernya terinstal operating system Windows 10 pasti cukup familier dengan folder Quick Access. Akses cepat atau Quick Access pada windows 10 adalah fitur yang akan menampilkan file dan folder yang baru saja diakses dan paling sering diakses. Jadi recent files ini akan memperlihatkan file yang baru-baru ini dibuka. File tersebut misalnya gambar, video, folder, dokumen, dan sebagainya. Sewaktu pengguna Windows 10 mengakses File explorer, halaman yang akan ditampilkan pertama kali adalah Quick Access. 


Manfaat Fitur Quick Access di Windows 10

Fitur Quick Access di Windows 10 ini sangat bermanfaat. Fitur ini berguna dan membantu kita jika ingin membuka file atau folder yang sering kita akses. Kita tidak perlu lagi mencari folder-folder atau file atau laman yang dibutuhkan karena dengan sekali klik saja kita sudah bisa mengaksesnya melalui Quick Access. Selain itu, jika kita akan mudah menemukan lokasi suatu file atau folder yang baru dibuat. 


Mengapa Fitur Quick Access Dinonaktifkan?

Tidak dipungkiri manfaat Quick Acces. Namun, jika komputer kita kadang-kadang dipinjam atau dilihat teman, maka mereka akan dengan mudah melihat data yang baru saja diakses oleh pengguna. Tentu, data-data tersebut adalah data penting atau yang bersifat rahasia yang menjadi privasi dan tidak ingin dilihat atau dibuka oleh orang lain. 


Cara Menonaktifkan Semua File Quick Access di Windows 10

Dengan alasan di atas maka wajar jika kita ingin menonaktifkan fitur Quick Access tersebut. Berikut cara menghapus semua File Quick Access di Windows 10.
 
Letak Folder Quick Access
 
 

Buka File Explorer. Klik kanan Quick Access > Options.
 
 
 
Pada bagian to “Privacy”, hilangkan tanda centang pada “Show recently used files in Quick Access” dan tanda centang pada “Show recently used foldersin Quick Access”.
 
Untuk membersihkan history dari File Explorer klik “Clear”.
 
Terakhir, klik Apply dan OK.
 
Demikian penjelasan singkat cara menghapus file pada folder Quick Access. Data yang menurut Anda rahasia atau bersifat pribadi yang barus saja diakses tidak akan muncul pada folder tersebut. 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *