Introspeksi: Resume Saya Sudah Bagus?

Resume itu kata benda. Maknanya adalah ikhtisar atau ringkasan. Kata turunannya adalah me.re.su.me.kan termasuk jenis kata kerja atau verbia yang berarti membuat resume, mengikhtisarkan, meringkaskan.
Dalam proses belajar seperti di bangku sekolah, workshop, seminar, lokakarya, diskusi ilmiah, bimbingan teknis, belajar menulis, dan sebagainya, acapkali kita secara sukarela bahkan sukapaksa (istilah penulis untuk kerelaan karena dipaksa) harus membuat resume. Jika pun kita membawa alat perekam semisal tape recorder (jadul bener, ya?) atau telepon genggam nan pintar (i-phone maupun android) meresume tetap perlu dilakukan.
Jadi, resume itu apa sih? Sepeti penjelasan di atas, resume ya ringkasan atau rangkuman. Ringkasan dari apa? Ringkasan dari suatu tulisan/karangan panjang. Caranya meringkas bagaimana? Pangkas tulisan dengan mengambil bagian pokok serta menyisihkan rincian dan ilustrasinya.
Menyajikan karangan utuh pada buku catatan, selain panjang dan melelahkan, sudah menggeser tujuan utama membuat resume itu sendiri, yakni meringkas. Nanti resume saya tidak lengkap dong? He he, lengkapi saja nanti jika ingin menyajikan secara utuh.
Sahabat menulis, membuat resume adalah cara yang efektif untuk menjelaskan pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain (pembaca). Jika resume itu adalah resume sebuah buku atau karangan, resume yang kita tulis dapat menjelaskan isi pikiran seorang pengarang menjadi lebih ringkas.
Bagaimana jika resume itu pengalaman yang diceritakan melalui tulisan, presentasi, rekaman audio/video, apakah foto, rekaman suara, rekaman video, power point presentasi dan kelengkapan lainnya perlu dilampirkan? Jawab dulu, Anda mau meringkas atau membuat laporan pandangan mata?
Yang setuju atau tidak setuju, silakan isi komen di bawah. Bahasa santun akan menambah rasa hormat saya kepada Anda.
Tugumulyo Musi Rawas, 08 Agustu 2020, sepulang “rewang” dari hajatan tetangga.

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

18 thoughts on “Introspeksi: Resume Saya Sudah Bagus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *