7 Langkah Dahsyat Menulis dengan Cinta

Berguru dan meminta nasehat kepada guru akan membuat membuat hidup berubah 
menjadi lebih baik
 
~Alpiyanto~


Siapakah Alpianto, Sang Master Trainer dan Penulis Buku Best Seller? 

Nama pria yang fotonya terpampang pada sampul buku hasil karyanya adalah Alpiyanto. Beliau lahir di Kotogadang 52 tahun yang lalu tepatnya tanggal 2 Maret 1968. Admin website pribadi alpiyantosamuderahati.com ini tinggal di Bekasi Selatan, Jawa Barat. Alumnus Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang ini memiliki banyak aktivitas. Sebagai Master Trainer Samudera Hati, Motivator, Terapis, dan Penulis buku best seller.
Bapak yang pernah menjadi Dosen Luar Biasa S1 & Pasca Sarjana (S2), Program Studi Ilmu Keperawatan, Fak. Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta, tahun 2010 -2015 ini menjadi KONSULTAN di TK-SD Islam Holistik Berbasis Hati Nurani Miftahul Ulum Bukit Kemuning Lampung, SMPIT AL-AZHAR – Belitang, OKU Timur Sumsel, Cimahi International Islamic School – Jawa Barat, dan Penggagas dan Pembina Group One Day One Ayat Samudera Hati.
KARYA BUKU ( hanya beredar dalam pelatihan/seminar):

1. Rahasia Mudah Mendidik Dengan Hati: Hypnoheart Teaching
2. Rahasia Indahnya Menjual dan Mencari Rezeki dengan Hati
3. Menjadi Juara dan Berkarakter Mulia
4. Aplikasi Pendidikan Karakter Berbasis Hati Nurani (dkk)
5. Doa-Doa Yang Terjawab Dan Terapi Kehidupan Yang Mendamaikan Jiwa (dkk)
6. Rahasia Menjempu Shalat Khusyu’ Menuju Ketenangan Jiwa (dkk)
7. Menjadi Guru Yang Dirindukan Zaman Now.
8. Menjadi Guru dan Orang Tua Yang Dirindukan (dkk)
9. Membumikan Magnet Rezeki (dkk)
10. Rahasia Mudah Menulis PTK & Buku Populer (dkk)
11. Rahasia Mudah Menulis Karya Ilmiah dan Buku Populer (dkk)

KARYA ILMIAH (DKK) , Dipresentasikan di Tingkat Nasional:
1.  Pola Pendidikan Kita, Apa yang Salah?
2.  Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kearifan Lokal

Berikut bukti-bukti buku hasil kecintaannya pada ilmu dan keteguhannya menjaga hati.

 

Menjadi trainer, sebenarnya juga sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Alasannya karena kepribadiannya tidak mendukung. Tetapi kebiasaannya senang berbagi kepada siapapun membuat teman memintanya silaturahmi. Mereka pun memintanya menceritakan pengalamannya. Menurut teman-temannya bagus. Akhirnya jadilah ia trainer dan berkembang terus sampai sekarang. Info grafis berkaitan kegiatannya sebagai trainer sebagai berikut.

 

 

 

 

Menarik sekali. Apakah perjalanan dan sejarah hidup Pak Alpiyanto tanpa rintangan, hambatan, sehingga mulus-mulus saja? Ternyata, tidak! Beliau sedari kecil ditinggalkan ayah, sekitar umur 2 tahun. Menyusul ibunda meninggalkannya ketika umur 14 tahun. Bayangkan, kehilangan orang-orang yang mencintainya pada usia belia! Oleh karena itu, wajar, pada saat itu pun sebagai manusia pernah “menggungat” Tuhan. Mengapa saya mengalami nasib seperti ini? Namun setelah dewasa baru ia mengerti, itulah cara Tuhannya, Allah, menempanya. Hingga akhirnya menjadi seperti sekarang ini. Menjadi motivator dan MENGINSPIRASI banyak orang. Apa yang dilakukan? Bersyukur.
Belajar Ikhlas
Belajar ikhlas memang tidak mudah. Belajar ikhalas ada tahapannya. Tahapannya adalah meyakini apa pun yang terjadi dalam hidup kita semua berasal dari Allah. Bagi yang muslim bisa melihat QS. At-Taghabun (64); ayat 3 atau ayat 11. Yakini bahwa kejadian itu pasti diberikan Allah untuk kita. Kita harus menyikapi dengan positif. Dalam istilah agama Islam  adalah ridha dengan ketentuan-Nya. Sedangkan keikhlasan kita menyikapi itu karena mengharapkan ridha pada Allah. Kemudian, sabar mengikuti prosesnya.

 

Bagaimana agar tumbuh rasa ikhlas? Yang dilakukan adalah menjaga hati. Dalam bahasa Pak Alpiyanto, menjaga hati  adalah puasa hati atau aktivasi kekuatan hati. Apa saja puasa hati atau aktivasi hati itu? Aktivasi hati di antaranya adalah:

1. Menghindari gosip
2. Menjauhi mendengar gosip
3. Stop/berhenti mengeluh apapun kondisinya
4. Menjauhi kebencian dan dendam
5. Tidak menghakimi
6. Makan makanan yang halal.
7. Mendekatkan diri pada Allah.
8. Mencari teman yang juga banyak bicara tentang hati.

Perjalanan hidup manusia suatu ketika akan  berada dalam titik terendah. Dalam istilah Pak Alpiyanto adalah ENERGI TITIK NIHIL. Menurutnya, ini adalah momentum terbaik untuk melejit. Dalam ketidakberdayaan kepada makhluk dan dunia, maka hanya Allah tempat satu-satunya bergantung. Ketika tepat cara kita dengan Allah, semakin cepat membuat kita berhasil dalam bidang apapun. Karena logika sudah tidak banyak lagi membantu,  energi kepada Allah lebih maksimal. Untuk bisa seperti itu, harus ada tempat bertanya dan orang yang bisa mengarahkan. Berguru dan meminta nasehat kepada guru akan membuat membuat hidup berubah menjadi lebih baik.

 

Menulis dengan Hati
Dari pengalamannya itulah, ia menuliskannya. Menuliskan pengalaman kita sendiri jauh lebih mudah karena setiap orang punya keunikan dan pengalaman yang berbeda. Menulis apa saja seputar hidup kita, tetapi yang bagus adalah yang berhubungan dengan profesi kita. Dengan menulis yang berhubungan dengan profesi kita, kita akan lebih memahami karena  mengalami secara langsung. Jika tulisan kita sudah jadi, kita bisa meminta orang untuk membantu membaca buku kita sekaligus meminta komentar darinya. Lalu, apa saja unsur yang terkandung dalam kegiatan menulis dengan hati?

Pengalaman Hidup yang Selalu Terngiang

Hampir setiap manusia mempunyai pengalaman hidup, menyenangkan atau sebaliknya. Pengalaman itu membekas dalam ingatan dan memori jangka panjang. Semua itu merupakan refleksi dari sebuah cinta yang bersemayam dalam diri.

Perpaduan Dialog Batin dan Pengalaman

Pengalaman hidup merupakan perpaduan antara dialog batin dan realitas kehidupan yang dilalui dalam mengaktualisasikan potensi diri sebagai ikhtiar menemukakn hakikat kehidupan yang sesungguhya.

Nila-nilai yang Diperjuangkan

Eksistensi kedirian seseorang sebagai manusia dalam memberikan warna atau kontribusi dalam kehidupan dan dunianya.

 

Pengorbanan
Cinta dan nilai-nilai yang diperjuangkan itu membawa konsekuensi pada pengorbanan, penderitaan, darah, bahkan air mata.
Harapan
Meskipun pengorbanan begitu berat, tidak membuat surut ke belakang. Terus melangkah penuh keyainan dan optimisme mesti dilakukan karena ada harapan. Harapan memberikan energi daya dorong dan motivasi terkuat.
Kerelaan
Tidak  semua harapan menjadi  kenyataan. Ada yang dapat diraih ada pula yang harus dilepaskan dengan rela dan tulus.
Dikomunikasikan dalam Bahasa Cinta
Dari pengalaman itu, apapun profesi kita perlu dikomunikasikan dalam bentuk tulisan sebagai bukti bahwa kita pernah hadir di bumi ini. Menulis untuk membukti bahwa kita hadir di bumi dan meninggalkan jejak dari nilai-nilai yang diperjuangkan untuk generasi berikutnya, itulah alasan mengapa menulis itu penting.
Langkah- langkah Menulis dengan Cinta
  1. Pilih pengalaman baik utuh maupun penggalan cerita dari pengalaman;
  2. Buat bagian-bagian dari pengalaman tersebt menjadi daftar isi;
  3. Mulailah menulis dari daftar isi tersebut yang dianggap paling mudah;
  4. Perkaya tulisan dengan cerita atau kisah inspiratif yang relevan dengan tulisan;
  5. Untuk lebih menarik buat kata-kata motivasi;
  6. Di akhir tulisan, buat mutiara hikmah;
  7. Disarankan disesuaikan dengan profesi untuk mudah sasaran pemasaran;
Pola dan Sistematika Buku

 

  • Judul Bab
  • Kata Motivasi dari orang lain
  • Naskah/tulisan (pengalaman)
  • Kata motivasi buatan sendiri (original)

 

Pesan Penutup
Biasakan kita menulis setiap ada ide yang dialami dalam keseharian kita dengan menulisnya dari dalam hati dan menulisnya dengan penuh cinta. Ide-ide yang muncul secara tiba-tiba itu ibarat berlian yang bernilai bila ditindaklanjuti dengan menuliskannya kembali. Tulis saja apa yang kita rasakan, yang kita alami, dan carilah orang untuk membimbing hingga menjadi karya buku.
Dok. Kulwap dengan Pak Alpiyanto

D. Tegalrejo, Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan.
Malam ini energiku pun pulih setelah Sabtu malam hingga Minggu siang terkuras

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

7 thoughts on “7 Langkah Dahsyat Menulis dengan Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *