Dimana atau Di Mana, Tulis dengan Benar

Belajar Tata Bahasa
 
 
 
Ilustrasi: canva.com


Konon, dari tulisannya, seseorang dapat terlihat bagaimana sesungguhnya kekuatan dan kelemahan kepribadiannya. Ada yang mengatakan bahwa salah satu petunjuk mengenai pribadi seseorang yang berkaitan dengan logika, intelektualitas, dan kemampuan umum lainnya adalah ketelitian berbahasa termasuk di dalamnya ketelitian dalam menulis.

Menulis kalimat efektif dapat diartikan sebagai menulis rangkaian kata-kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Kalimat efektif membawa pesan penulis dan pesan itu ditangkap sama persis oleh pembacanya. Dalam proses penerimaan pesan melalui tulisan, pembaca tidak “terganggu” oleh adanya penulisan kata atau kelompok kata yang menyalahi kaidah. Di antara kesalahan penulisan kata yang tidak mengikuti kaidah sehingga kalimat tidak efektif adalah penulisan awalan di- dan kata depan di
 
Dimana atau Di mana
 

Awalan ditulis serangkai dengan bentuk dasarnya. Awalan di- sebagai pembentuk kata kerja pasif cara penulisannya digandengkan atau serangkai dengan kata kerjanya. Cara jitu menentukan di- merupakan awalan atau bukan adalah mencari “pasangan” atau bentuk aktifnya.

dicium         >< mencium

dimakan      >< memakan
digandeng   >< menggandeng
disita          >< menyita
 
Bentuk dasar berupa kata kerja seperi cium, makan, gandeng, sita, bila diberi awalan di- maka penulisannya digandengkan atau serangkai dengan kata kerjanya. Perhatikan, kata-kata berimbuhan itu memiliki “lawan” atau bentuk aktif.
 
Contoh kalimat:
 
Adik dicium.                     ><   mencium adik
Tempe dimakan.               ><   memakan tempe
Tanganku digandeng.        ><   menggandeng tanganku
Hartanya disita.                ><   menyita hartanya
Jadi, jika di diikuti kata kerja, menulisnya serangkai dengan kata kerja yang mengikutinya.
 
Sedangkan “di” sebagai kata depan, penulisannya dipisahkan. Kata yang mengikuti di bukan kata kerja tetapi kata benda (noun).  
 
Contoh:
Di mana dia sekarang?
Kain itu disimpan di dalam lemari.
 
Contoh lainnya, di bawah, di atas, di mana, di sini, di situ, di sungai, di kuburan, di dalam, di luar, di Jakarta, dan lain-lain tambah sendiri. 
 
Jadi, silakan cermati. Apakah penulisan di + kata kerja  dan di + kata benda sudah tepat belum? Jangan sampai kesalahan kecil ini dianggap tidak penting. Karena hal ini dapat menunjukkan kepribadian seseorang, apakah Anda orang yang cermat atau bukan, apakah Anda orang yang peduli dengan hal kecil atau bukan. Ingat, ya! Bahasa menunjukkan siapa diri kita.
 
 
D. Tegalrejo, Tugumulyo, Kab. Musi Rawas, Sumatera Selatan

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

16 thoughts on “Dimana atau Di Mana, Tulis dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *