Bangun Digital Mindset dengan Semangat Mudah, Murah, dan Terukur

 
Berawal dari membaca artikel peserta lomba blog nasional dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang digagas Om Jay, saya terinspirasi untuk memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Yang menjadi inspirasi adalah tulisan sesama peserta lomba yaitu Ibu Anik Sudarwati. Tulisannya ada di sini: 
 
Selain blog ini, saya juga membuat blog yang masih kosong, belum berisi. Nama blognya adalah DIKSI. Awalnya ingin belajar menulis karya sastra dan menyimpannya di sana. Tetapi keinginan itu belum juga terwujud, karena saya merasa tidak punya bakat untuk itu. Setelah membaca artikel Bu Anik yang ternyata guru kelas enam, saya memberanikan diri untuk menghubunginya melalui WA dan mohon izin meminjam konten blognya untuk pembelajaran murid-murid saya. 
 
 
 
Bu Anik mengizinkan sebenarnya, namun kemudian saya merenung, lalu bertanya dalam hati: “Mengapa tidak buat sendiri?” Akhirnya mencoba menulis seperti beliau dan membagikannya kepada siswa. Begitulah setiap hari membuat bahan pembelajaran di blog DIKSI dan membagikannya di grup WA Guru kelas 6 Kabupaten. Gayung bersambut, melihat statistik pengunjung pada tanggal 17 Agustu 2020, materi pertama yakni Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 dikunjungi lebih dari 300 orang. Hal itu tentu menambah semangat untuk terus berkarya dan membagikannya ke grup karena saya yakin pengunjung itu adalah teman-teman saya di antaranya. 
 
Hingga pada suatu hari, saya mencoba melontarkan ajakan untuk membuat blog agar teman-teman juga ada yang mau seperti saya membuat materi pembelajaran di blog atau  mengasah keterampilan menulis di blog. Di luar dugaan ternyata ada yang berminat untuk ikut. 
 
 
Puji syukur, alhamdulillah Pengurus PGRI Kabupaten Musi Rawas antusias dan siap memfasilitasi serta sepakat untuk membuat Grup WA Belajar Nge-Blog Gelombang Pertama. Tidak disangka, peminatnya lumayan banyak, 70 orang. Dengan persiapan seperlunya, sepakat belajar perdana pada hari Selasa tanggal 8 September 2020 pukul 19.45 – 21.00 WIB.  
 
 
 
Tiba pada hari yang disepakati, Selasa, 8 September 2020 adalah hari pertama “kuliah”.  Sebagian peserta mengira bahwa pelatihan melalui zoom atau sejenisnya. Mereka pun tidak menyangka bahwa  belajar membuat blog hanya melalui WA. Saya yang bertindak sebagai narasumber dan Pak Johan sebagai moderator menjelaskan bahwa kami belajar menulis pun memakai WA. Lalu kami jelaskan bahwa kami adalah peserta Belajar Menulis Bersama Om Jay Gelombang 15. 
 
Belajar dari Om Jay bahwa belajar menulis bisa memakai  WA, pastilah belajar membuat blog juga bisa memakai WA. Lagipula, kata Guru Blogger Indonesia itu, belajar melalui WA itu ringan dan MURAH. Terima kasih, Om Jay. Metode Anda kami duplikasi. O ya, satu orang lagi pengurus PGRI Musi Rawas yang juga “mahasiswa Gelombang 15” adalah Ibu Surantini Sunardi. Namun kesibukan beliau karena adanya “rolling” kepala SMA baru-baru ini, beliau belum kami libatkan. Selamat bertugas di tempat yang baru dan mohon restunya untuk kegiatan ini ya, Yunda.
 
Antusias peserta di luar dugaan. Malam pertama, target yang harus dicapai adalah anggota grup mampu membuat blog di HP dengan mengunduh aplikasi blogger di playstore, mampu membuat postingan berupa tulisan dengan disisipi gambar, dan membuat resume pertemuan sebagai bentuk pertanggungjawaban. 
 
Semangat berliterasi dari Om Jay, konsep digital mindset dari Profesor Eko Indrajit kami implementasikan dalam bentuk kegiatan belajar Nge-Blog Guru Musi Rawas bersama PGRI. Semangat kami sederhana saja, yakni: Mudah, Murah, dan Terukur. Mudah dalam artian pendaftar mendaftar sukarela terbuka untuk semua jenjang pendidikan dan tidak memandang tempat tugas, murah karena tidak dipungut biaya, dan terukur karena semua peserta terdaftar wajib menghasilkan sebuah blog. 
 

 

 

 

 

 

 

Semangat, rekan-rekanku! Mari kita masuk dunia literasi. Anda adalah penggerak diri anda sendiri dan orang-orang tercinta di sekitar Anda. Seribu guru blogger Musi Rawas adalah mimpi yang diawali dari Anda semua. 
 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

14 thoughts on “Bangun Digital Mindset dengan Semangat Mudah, Murah, dan Terukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *