Ayo Menulis, Jangan Copy Paste

 

 
Jangan copy paste! Jangan salin tempel tulisan orang dalam blog Anda. Yang dimaksud adalah menyalin sebagian atau keseluruhan tanpa izin yang empunya, bahkan ujung-ujungnya mengklaim sebagai hasil karyanya. Apa tidak boleh mengutip pendapat orang? Boleh saja dan sah-sah saja sepanjang dicantumkan sumber tulisan dan berfungsi untuk memperkuat pendapat yang kita ajukan. Jadi mengutip yang bagaimana yang tidak boleh? Yang tidak boleh adalah mengutip sebagian atau keseluruhan tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Meskipun tulisan itu hanya sebuah paragraf? Ya, meskipun hanya sebuah paragraf. Segitunnya? Saya kan baru belajar? Saya pemula. Bagaimana saya bisa membangun blog saya jika tidak diawali dengan copy paste dulu?
 
Pembaca yang budiman, jika kita mengetikkan kata manfaat blog pada kolom pencarian google, muncul sederet situs yang menampilkan manfaat blog secara umum. Di antara manfaat blog adalah sebagai ajang latihan menulis (kolomsatu.com) atau untuk melatih keterampilan dan kreativitas menulis (jetorbit.com). Konotasi dari frasa latihan menulis adalah merangkai kata untuk menjelaskan ide. Melatih keterampilan dan kreativitas menulis adalah meningkatkan kemampuan menuangkan ide-ide dalam tulisan dengan berbagai kreasinya agar ide yang disampaikan dapat dipahami atau bermanfaat bagi pembaca. Jika alasan baru belajar atau pemula lalu membangun blog dari menjiplak begitu saja tulisan orang lain, di mana unsur belajar atau latihannya?
 
Tindakan copy paste itu tidak etis. Tidak etis karena melanggar etika. Dapatkah seseorang dikatakan beretika jika tulisan orang lain diklaim/diaku sebagai tulisan sendiri? Copy paste itu melanggar hukum. Tulisan hasil karya sendiri adalah kekayaan intelektual yang dilindungi Undang-Undang. Penjiplakan tulisan begitu saja apalagi mengaku sebagai hasil karya lebih-lebih diikutkan dalam ajang lomba atau kontes tulisan, jelas merugikan pemilik karya tersebut. 
 
Apa dampaknya jika kita melakukan copy paste tulisan orang lain ke blog kita? Dampak yang nyata adalah membuat blog menjadi tidak berkualitas. Di antara pembaca pasti ada yang jeli, jam terbang membacanya sangat tinggi. Ketika ia membaca tulisan kita dan tahu bahwa tulisan di blog kita adalah jiplakan tulisan dari situs lain, maka akan meninggalkan kesan yang buruk terhadap kualitas blog. Alih-alih menunjukkan tulisan bermutu, blog menjadi tidak menarik karena mengandalkan tulisan lain. Blogspot milik Google. Jika ada pelanggaran hak cipta pada tulisan dapat dilaporkan dan akibat fatalnya adalah blogspot diblokir oleh Google. 
 
Meskipun copy paste didapat dari blog kecil, jejak digitalnya dapat dilacak, loh. Kapan waktu pengeditan atau terjadinya duplikasi konten. Kita tidak bisa mengelabui Google sebagai pemilik blogspot. Kita juga harus memahami bahwa tindakan copy paste blog lain sangat dibenci oleh Google. Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana jika kita terpaksa karena kalimat yang ditulis berupa ungkapan langsung dan harus ditulis sama persis, maka kita boleh menulisnya dengan menyertakan link ke sumber aslinya agar pemilik tulisan dapat mempertimbangkan untuk tidak melaporkan tulisan kita. Jadi, stop copy paste dan belajar santun dengan mencantumkan sumber tulisan jika terpaksa mengutip. 
 
 
 
Salam blogger persahabatan
Susanto
Guru blogger Musi Rawas

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

17 thoughts on “Ayo Menulis, Jangan Copy Paste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *