Cara Menguji Kecepatan Template Blog

Penulis (Dok. Pribadi)

 

Ada teman blogger pemula (sama seperti penulis, dong), besutan Tim Cipta Blogger PGRI Musi Rawas (wah keren sekali Bung Johan memberi nama) yang menceritakan bahwa setelah diberitahu temannya tentang template blog, dia lantas menjadi betah duduk di kursi dan di depan laptop kesayangannya. Tak lama kemudian ia pun membagi hasil kerjanya kepada anggota grup. Melihat itu, segera saya pun sibuk mencari informasi, apakah template blog berpengaruh dalam meningkatkan trafik kunjungan blog kita. Akhirnya ketemu! 
 
Sahabat, template blog masing-masing memiliki kecepatan untuk diakses pengunjung. Apakah template yang kita pasang memudahkan mesin pencari google  melakukan indeks sehingga blog dibanjiri pengunjung atau terasa berat sehingga terkesan lemot? Kita tidak perlu repo-repot membeli tools berbayar untuk menguji kecepatan template blog yang kita pasang. Google sudah memiliki dan memberikan fasilitas kepada kita untuk mengetes atau menguji kecepatan template yang kita gunakan. Silakan tes dengan mengunjungi alamat berikut, alamat yang berwarna biru silaan diganti dengan alamat blog Anda!
 
https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?url=www.susantogombong.blogspot.com
 
Hasilnya sebagai berikut:
 
Beberapa kali dilakukan, kecepatan ternyata juga berubah-ubah tetapi masih di atas angka 74. 
 
Lalu saya pun mengetesnya di HP, jangan-jangan kecepatan lebih tinggi atau bahkan lebih rendah.
 

 

Mantap, ternyata kecepatan di HP lebih bagus. Ya sudah, sementara template blog yang saya pakai dipertahankan untuk digunakan. 
 
Sebelum saya akhiri, mari kita uji juga apakah template yang kita pasang (apalagi template hasil mengoprek) mobile friendly. Artinya, template kita bersahabat dengan tampilan gadget. Hal ini penting mengingat gadget berupa telepon pintar berbasis android sudah bukan barang mahal dan hampir setiap orang punya. Pastilah mereka akan membuka blog kita di HP-nya lebih dulu daripada melihatnya di desktop atau laptopnya. 
 
Tidak berbeda dengan uji kecepatan, google juga telah menyediakan sebuah tools untuk menguji apakah blog sahabat responsive atau tidak. Saya mengetik alamat URL di bawah ini pada browser di gadget saya.
 
https://google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
 
Setelah itu, saya masukan alamat URL blog saya pada form yang disediakan.
 

 

Ternyata template yang saya pasang ditengarai oleh google dengan tulisan Halaman ini mobile-friendly.
 
Demikian uraian singkat untuk mengetahui kecepatan template dan juga bersahabat atau tidak template blog kita di gadget. Selain dari pada itu yang paling penting adalah mengisi blog dengan konten yang bermanfaat alias MENULIS. Ayo, terus menulis!
Salam dari saya,
Susanto
Guru blogger (dari) Musi Rawas

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

5 thoughts on “Cara Menguji Kecepatan Template Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *