Blogger Itu Menulis

Design: canva.com
Jadi blogger itu jadi penulis dan itu berarti harus menulis, betul tidak? Kalau tidak menulis, Anda bikin blog untuk apa? Mengunggah gambar? Agar lebih jelas gambar perlu diberi capture agar lebih jelas. Menceritakan gambar pun dengan tulisan, bukan? Diperlukan keterampilan untuk merangkai kata agar gambar yang Anda unggah bisa “berbicara”.
 
Menulis bagi sebagian orang adalah hal yang sulit padahal setiap hari mereka juga membuat tulisan. Misalnya menulis status di WA, Facebook, Instagram, membuat memo, dan sebagainya. Sulitnya di mana, demikian pertanyaan mereka yang terbiasa menulis. Lagi-lagi dijawab, aku sulit memulainya. Sudah mulai, mentok. Seolah otak terkunci dan tidak bisa melanjutkan lagi. Apakah Anda juga menjawab seperti itu juga?
 
Saat ini, sudah ada aplikasi blogger di android. Tinggal buka play store, ketikkan blogger pada kolom pencarian segera Anda dipandu untuk membuat blog. Jika Anda sudah membuat blog, semua tulisan Anda yang sudah terpublikasikan maupun yang masih berupa draf tersaji. Anda tinggal mengedit atau menambah tulisan baru.
 
Ketika ide terlintas di kepala tuliskan saja pada draf, jika “mentok” berhenti dulu dan simpan. Pada kesempatan berikutnya tinggal Anda lanjutkan. Dengan begitu Anda memiliki tabungan tulisan. Jika sudah muncul ide maka lanjutkan, selesaikan, dan publikasikan. Sesederhana itu sebenarnya.
 
Google memiliki ribuan tempat untuk menyimpan data pengguna internet seluruh dunia. Jika Anda menulis di blog (dengan akun Google)  otomatis tulisan Anda tadi terekam. Jadi, jika sudah tua, misalnya, kita bisa menunjukkan kepada cucu kita, ini tulisan kakek/nenekmu yang pernah kakek/nenek tulis.
 
Sekarang Anda sudah memutuskan untuk menjadi blogger. Putuskan bahwa Anda akan tetap konsisten dalam menulis. Jika sehari menulis satu tulisan dipandang ekstrim, coba tiga hari sekali atau seminggu sekali bahkan sebulan sekali tetapi konsisten agar tulisan anda selalu ada. O ya, selain google memiliki ruang yang demikian besar untuk menyimpan data pengguna internet, ia juga memiliki mesin pencari. Pernah bukan, Anda mencari sesuatu di google? Sering bahkan. Nah, konon mesin pencari google hanya akan memihak kepada tulisan yang secara teratur muncul dalam blog anda. Jika Anda tidak konsisten, Anda kehilangan pembaca, kehilangan traffic dan makin menyulitkan jalan untuk dikenal oleh orang lain.
 
Menulis apa hari ini?
 
 
Salam blogger persahabatan
Susanto
Guru blogger (dari) Musi Rawas

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

10 thoughts on “Blogger Itu Menulis

  • 16/11/2020 at 15:08
    Permalink

    Hahahahah
    Mantap Pak D….
    Saya suka saya suka….

    Reply
  • 16/11/2020 at 09:07
    Permalink

    Selalu Mantap.. tulisan Pak D..
    TErus memberi Motivasi untuk menulis dari hal hal kecil
    Terimakasih Pak D

    Reply
  • 23/09/2020 at 20:54
    Permalink

    Inspirator keren….menulis sangat berarti buat saya, dengan menulis membuat beban pikiran berasa berkurang. Sesak di dada serasa menjadi longgar.

    Reply
  • 23/09/2020 at 17:59
    Permalink

    kebahagiaan itu salah satunya ketika melihat pemberian kt bermanfaat dan membahagiakan orang lain

    Reply
  • 23/09/2020 at 14:10
    Permalink

    Mulai cari ide konten lagi ini.. Pak suhu saja masih sempat menulis setiap hari.. Memang inspirator sejati..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *