Dipaksa Terasa Sakit Lama-lama Jadi Ketagihan

By | 28/09/2020

Malam ini saya mengikuti obrolan di grup WA guru kabupaten. Beberapa di antara anggota mengirimkan tautan youtube meminta ditonton, like, dan subscribe. Obrolan berlanjut, rupanya mereka adalah pada peserta ToT (Trainining of Trainer) Pelatihan Aplikasi Daring Jenjang SD Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas. Mereka adalah para narasumber yang sebelumnya melatih rekan-rekan guru memelajari Google Classroom dan Quizziz.

Sebelumnya saya sempat kaget. Sebagian adalah sahabat-sahabat saya yang sebelumnya belum mau bermain youtube. Ada beberapa alasan. Belum minat, belum ada waktu, merasa tidak mampu, dan sebagainya. Tetiba mereka bermunculan membagikan link video youtube di Facebook dan Whatsapp.  

Rasa bangga dan haru serta berniat memotivasi agar lebih banyak lagi berkreasi, tanpa menunda segera saya kunjungi channel-channel mereka. Benar dugaan, rerata mereka adalah para sahabat pemilik akun youtube yang relatif baru. Video yang ada pun dua atau tiga konten, ada juga yang lebih. Sebagai sesama youtuber pemula, piyik kalau minjam kata Pelawak Sule, tanpa pikir panjang pun segera padamkan tombol subscribe menjadi abu-abu. Tidak lupa meninggalkan komentar. 

Kok pada mau ya? Ada apa sih? Jangan-jangan ada kewajiban mengunggah tugas di channel youtube? Aha, sudah kuduga! Ketika membalas permintaan salah satu rekan dengan bahasa candaan yang bersangkutan pun jujur mengakuinya.

Bibir merah sudah jadi abu-abu, Pak Guru (maksud saya tombol subscribe sudah diklik tanda saya menjadi subscriber). Mantul banget. Jarang loh pemula mau menampakkan mukanya apalagi memberikan tutorial Live.

Ia pun menjawab.

Efek buntu ide … efek kepepet dan efek kepaksa. 

 

 

Konten yang dibagkan bagus-bagus, kreatif, dan berani. Itu kesan yang saya tangkap dari video tugas mereka. Hal itu pasti tidak terlepas dari tangan dingin sang narasumber. Dari deskripsi video salah satu peserta, narasumber hebat itu adalah pemilik channel Septi Kresia Krisworo yang sudah memiliki pelanggan atau subscriber sebanyak 1,46 ribu. Beliau juga seorang guru di kota kami. Dari guru untuk guru tidak mengundang ahli dari luar kota apalagi luar negeri.

 

Pengakuan salah satu sahabat bahwa membuat akun youtube dan mengisinya dengan konten dalam rangka memenuhi tugas dikatakan sebagai efek kepaksa bisa saya maklumi. Namun mereka perlu ingat. Ada beberapa hal dalam hidup ini terpaksa di awal, bahkan kadang terasa sakit, lama-lama bisa membuat ketagihan. Kegiatan bloging dan vloging jika ditekuni memang mengasyikkan. Apalagi jika pengunjung mulai berdatangan dan komentar  dari mereka berhamburan. Semoga Anda ketagihan ngeblog dan ngevlog, ya!

Anda ingin berlatih membuat video dengan aplikasi Kinemaster? Ikuti tutorial guru youtuber Musi Rawas berikut ini!

 

 

Salam blogger persahabatan

Pak D Sus

Guru blogger (dari) Musi Rawas

4 thoughts on “Dipaksa Terasa Sakit Lama-lama Jadi Ketagihan

  1. Arif Heri Suyoko

    Waduh keburu pikiran saya yang kotor
    Judulnya sempat mengesiap
    Isinya renyah dibaca
    Kesimpulannya pakdhe hebat pokoknya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *