Begini Langkah Mengikuti Program Guru Belajar Melalui Akun SIMPKB

Pendaftaran

Program guru belajar ini dikhususkan untuk guru agar bisa merancang dan melakukan pembelajaran jarak jauh. Melalui akun SIMPKB masing-masing, setiap guru dapat mengikutinya. Yang harus dilakukan adalah Anda membuka akun SIMPKB Anda lalu masuk (login). Selanjutnya, akan keluar pengumuman yang memberitahukan tentang layanan program Guru Belajar di https://gurubelajar.kemdikbud.go.id. Pelatihan ini setara 64 jam pelajaran dan  guru yang mengikuti akan mendapat sertifikat berupa e-sertifikat.

Program pembelajaran ini dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Kita semua tahu bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir. Melalui pembekalan dasar diaharapkan guru mampu melaukanpembelajaran yang bermakna bagi siswa dalam melakukan merdeka belajar. Selain guru kelas/mata pelajaran, Kepala sekolah, Pengawas, dan Widya Iswara juga bisa ikut.

Tampilan ketika masuk SIMPKB (Dok. Pribadi)

Jika ingin mengetahui informasi selanjutnya silakan klik INFO SELENGKAPNYA dan Anda akan dibawa ke https://sim-gurubelajar.simpkb.id/#/beranda/1  

Pilhan Jadwal Kegiatan

Screnshoot sim-gurubelajar.simpkb.id

Ketika tulisan ini dipublikasikan jadwal tahap pertama hari Kamis tanggal 01 Oktober 2020 – Selasa 20 Oktober 2020 sudah terlewati. Anda masih memiliki kesempatan pada tahap pertama hari Minggu tanggal 11 Oktober 2020 – 20 Oktober 2020 dan tahap pertama hari Rabu 21 Oktober sampai 30 Desember 2020.

Setelah Anda pilih, misalnya tanggal 11 Oktober 2020 akan muncul kotak dialog konfirmasi dan pesan untuk meluangkan waktu harian Anda pada tanggal tersebut untuk mengikuti kegiatan ini agar bisa lebih maksimal.

Kotak dialog konfirmasi jadwal pelaksanaan

Setelah Anda berhasil masuk Anda akan dibawa ke halaman yang memuat hal sebagai berikut.

Hal yang harus diselesaikan

Setelah itu anda akan dibawa ke laman Orientasi Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 yang berisi:

  1. Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pnademi Covid-19.
  2. Pengantar Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.
  3. Struktur Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.

Penyesuaian kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 berisi video yang mengulas 6 topik. Selanjutnya video harus ditonton sampai habis agar tombol tandai telah selesai aktif dan bisa diklik untuk melanjutkan ke video berikutnya. Hanya menonton saja berarti Anda baru menyelesaikan 66%. Sisanya berupa komentar yang harus dituliskan tentang materi pokok setiap video. Komentar yang saya berikan pada situs tersebut saya tulis sebagai berikut.

Video 1 tentang banyaknya kendala yang dihadapi guru, orang tua, dan anak selama pembelajaran jarak jauh.

Video 2 tentang fokus kebijakan baru perihal perluasan pembelajaran tatap muka untuk zona kuning dan kurikulum daruart (dalam kondisi khusus). Walaupun di zona hijau dan kuning, sekolah tidak dapat melakukan pemblajaran tatap muka tanpa persetujuan pemda/kanwil dan kepala daerah.

Video 3 tentang protokol kesehatan yang harus diterapkan ketika pemberlakuan pembelajaran tatap muka. Kepala satuan pendidikan wajib melakukan pengisian daftar periksa terkait dengan protokol kesehatan.

Video 4 tentang telah disusunnya kurikulum darurat yaitu peyederhanaan kompetensi dasar. Untuk membantu jenjang lebih muda SD dan PAUD Kemdikbud menyediakan modul.

Modul 5 tentang modul pembelajaran. Modul pembelajaran mencakup uraian pembelajaran berbasis akitivitas guru, orang tua, dan siswa termasuk jadwal pembelajaran. Pembelajaran berlangsung dari Senin sampai dengan Jumat. Pada hari Sabtu ada proyek literasi. Pembelajaran dikemas dalam tematik sehingga akitivitasnya menyambung. Demikian pula tentang penilaian diagnostik.

Video 6 tentang relaksasi peraturan untuk guru seperti pemenuhan beban kerja 24 JP. Untuk menyukseskan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 diperlukan kerja sama secara menyeluruh dari berbagai pihak.

Setelah 6 video lalu tersaji lagi sebuah video untuk diberi komentar. Kali ini komentar tentang harapan Anda terhadap program Guru Belajar seri Masa Pandemi. Setelah harapan Anda terunggah kemudian muncul pemberitahuan bahwa Anda telah menyelesaikan seluruh kegiatan orientasi.

Tahap 0: Orientasi Program

Orientasi Program yang membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, penjelasan umum dan struktur Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19. Dengan demikian, peserta bisa memahami pentingnya program ini untuk membantu peserta menjalankan praktik pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran siswa. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan tentang tahap-tahap belajar sebagai berikut.

Tahap 1: Bimtek

Bimtek yang membekali peserta untuk memahami konsep yang terkait dengan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19 merujuk pada sejumlah peraturan dan panduan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta praktik baik yang telah dilakukan oleh sejumlah guru. Tahap 1 berisi Pembelajaran Mandiri yang dapat diatur secara luwes sesuai kesibukan masing-masing peserta. Peserta yang menyelesaikan Tahap 1 akan mendapatkan Sertifikat Bimtek dengan nilai 32 jam.

Tahap 2: Diklat

Diklat yang memberi kesempatan peserta mempelajari, merancang, menerapkan dan merefleksikan praktik Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Tahap 2 terdiri dari 2 aktivitas belajar yaitu mempelajari video webinar untuk mendapatkan inspirasi dan Pembelajaran Mandiri untuk merancang, menerapkan dan merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh. Peserta yang menyelesaikan Tahap 2 akan mendapatkan Sertifikat Diklat dengan nilai 32 jam.

Tahap 3: Pengimbasan

Pengimbasan yang mengundang peserta untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 hingga tuntas Tahap 1. Peserta yang menyelesaikan Tahap 3 akan mendapatkan Piagam Penghargaan dari Direktorat Jenderal GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta berkesempatan diundang mengikuti Wisuda Daring Lulusan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19.

Apabila Anda telah memahami 4 tahap program, klik pada tombol “Tandai Telah Selesai” untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda sudah menyelesaikan pelajaran pada modul ini. Selanjutnya akan ada ucapan selamat datang dan selamat bergabung pada program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.

Langkah selanjutnya mengeklik menu SIM untuk kembali ke halaman awal dan diberitahu bahwa Orientasi Program Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 sebagai syarat mengikuti Bimtek telah dipenuhi 100%, selanjutnya Anda diminta menunggu untuk memulai pembelajran sesuai jadwal yang sudah dipilih.

Demikian gambaran sekilas tentang program guru belajar pda masa pandemi Covid-19 melalui portal sim-gurubelajar.

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

4 thoughts on “Begini Langkah Mengikuti Program Guru Belajar Melalui Akun SIMPKB

  • 07/10/2020 at 08:15
    Permalink

    Saya sudah sampi menonton video pengantar guru belajar tapi tidk bisa memberi komentar katanya menunggu approve kadinya tandai selesai tidk bisa di klik. Bagaimana solusiny ya

    Reply
    • 15/10/2020 at 11:07
      Permalink

      Saya sudah sampai Diklat tetapi ketika login lagi mulai dari awal bagaimana solusinya

      Reply
  • 03/10/2020 at 20:59
    Permalink

    Terima Kasih pak, tapi saya belum bisa daftar masih menunggu Refreesh dulu

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *