AISEI Writing Club Challenge

Awal Agustus 2020 saya mengikuti kegiatan Belajar Menulis Bareng Om Jay (Wijaya Kususmah, Guru Blogger Indonesia) melalui Grup WA. Semenjak itu, semangat menulis lumayan tinggi. Misalnya, menuliskan resume pemateri ke dalam blog dan mengikuti beberapa event menulis. Pertama, mengikuti Lomba Blog Indonesia dalam rangka HUT ke-75 RI. Kedua, berpartisipasi sebagai penulis Buku Antologi Minat Siswa. Terakhir masih dalam proses mengikuti penerbitan buku antologi “All about Teacher” bersama Bu Kanjeng Sri Sugiastuti dan kuratornya Bu Rita Wati.

Pada grup calon penulis buku antologi dengan tema “Terima Kasih Guruku” itu, saya mendapat tautan dari Bu Rita. Dengan mengeklik tautan tersebut saya dapat bergabung di grup AISEI Writing Online 2. AISEI adalah singkatan dari Association for International School Educators Indonesia atau Perkumpulan Pendidik Sekolah Internasional Indonesia. Kali ini, AISEI menyelenggarakan Webinar  Series lanjutan dari sebelumnya. Webinar kali ini bersama bintang tamu super hebat, Prof. Richardus Eko Indrajit. Beliau salah satu mentor dan motivator menulis di grup menulis bersama Om Jay yang saya ikuti. Kali ini, beliau menceritakan kisah kepenulisannya dan beberapa trik untuk mengakses buku serta mengunggah tulisan pada website academia.org. 

Para peserta webinar dengan zoom kali ini terdapat beberapa wajah yang pernah saya kenal sebelumnya. Para blogger dan  pribadi-pribadi percaya diri yang sudah banyak menerbitkan buku dan/atau sedang berkolaborasi dengan Prof. Eko menerbitkan bukunya. Di antara yang saya kenal misalnya Bu Aam dari Lebak. Ada juga Bu Kanjeng Sri Sugiastuti dari Solo. Selain itu, Pak Toat Isbani, penulis dari Solo.

Challenge

Selesai acara, AISEI Writing Club membuat Challenge. Anggota grup cukup memasukkan foto dan menceritakannya dalam blog. Kemudian, link tulisan dalam blog dibagikan ke grup WA.  Foto adalah foto diri atau foto karya sendiri, bukan mengambil dari internet. Keterangan yang menyertai foto ditulis paling banyak seratus kata. Kegiatan itu harus rutin dilakukan setiap hari. Tulisan disertai tanda pagar #Day1AISEIWritingChallenge.

Bagi saya ini tantangan yang menarik. Mengunggah foto dan menceritakannya maksimal 100 kata memaksa saya untuk menulis setiap hari. Saya harap bisa menyelesaikannya dengan baik. Menulislah setiap hari, buktikan apa yang terjadi. Demikian guru blogger kita, Om Jay, selalu mengingatkan.

Menulis apa Anda hari ini?

Salam blogger,

Pak D Sus

Guru Blogger Musi Rawas

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *