Kena Tipu Pulsa 100 Ribu

Pernahkah anggota grup WA Anda mengirimkan broadcast seperti gambar di atas? Apa yang Anda lakukan? mengeklik tautan berwarna biru pada bagian bawah lalu mengikuti langkah-langkahnya dan menyebarkannya kepada grup yang Anda miliki? Ketahuilah, Anda sedang kena prank.  Tanpa Anda sadari juga, Anda sudah sukarela membagikan data pribadi Anda berupa nomor ponsel/WA kepada situs tersebut. Horror, nggak? Mari kita telusuri apa yang terjadi dan yang seharusnya Anda lakukan!

Ketika tautan berwarna biru itu kita klik, kita akan dibawa ke halaman seperti berikut ini. Saya melakukannya di laptop.

 

 

Meyakinkan kelihatannya, bukan?

 

Saya isi kolom nomor ponsel dengan nomor ngawur lalu klik tombol kirim.

 

 

Setelah itu, muncul perintah agar melanjutkan ke langkah berikutnya yang katanya untuk dapat mengaktifkan gratis 100.000 rupiah pulsa dari operator. Anda diminta menekan tombol bertuliskan WhatsApp.

 

 

Lalu, ada perintah untuk membuka WhatsApp dan membagikannya ke grup yang kita miliki. Saya tidak melakukannya tetapi menekan tombol Cancel lalu kembali lagi menekan tombol WhatsApp, demikian berkali-kali. Ha haha, panel berwarna hijau ternyata terus bertambah panjang  hingga 100%. 

 

 

 

 

 

Saudara, tanpa Anda membagikan ke grup WA panel itu akan terisi 100% lalu akan muncul ucapan selamat seperti di bawah ini.

 

 

 

Silakan Anda pilih perangkat seluler Anda. Iphone atau android. Apa yang terjadi?

 

 

Akhirnya Anda akan dibawa ke situs planetravel (ini yang saya alami). Pertanyaannya, pulsa 100.000-nya mana?

Jika Anda menjawab, setelah membagikan ke grup WA. Hahahaha, tanpa membagikannya, panel hijau itu juga akan penuh sendiri. Jadi, Anda sudah kena prank dan selamat, Anda sudah membagikan nomor WA anda secara cuma-cuma kepada orang yang tidak Anda kenal. Semoga tidak terjadi apa-apa, ya!

Tetap waspada dan jangan tergiur dengan pembagian pulsa yang tidak jelas. Untuk pengguna (maaf) telkomsel, jika kehabisan pulsa, mereka memberi piutang pulsa yang dibayar dengan cara memotong pulsa  jika sudah mengisinya.

 

#Day24AISEIWritingChallenge

#100katabercerita
#30hariAISEIbercerita
#AISEIWritingChallenge
#warisanAISEI
#pendidikbercerita

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

10 thoughts on “Kena Tipu Pulsa 100 Ribu

  • 01/11/2020 at 18:51
    Permalink

    Harus pandai menyikapi setiap info yang kita peroleh. Jangan sampai kita ikutan menjadi penyebar berita hoaksss. Trims infonya

    Reply
  • 31/10/2020 at 06:12
    Permalink

    Sangat bermanfaat pakdhe

    Reply
  • 31/10/2020 at 05:11
    Permalink

    Aihh..infonya bagus banget. Sering dpt teror seperti itu meskipun gak terpengaruh utk mengklik.
    Terimakasih pak

    Reply
  • 31/10/2020 at 01:59
    Permalink

    Bagus nih tulisan…untuk di bagikan ke orang yg suka banget share link pulsa gratis…suka gregetan…kesel kok gak sayang sm pulsa nya mending buat buka situs rumah belajar atau ilmu pedia lain nya..kt sy pernah menasehati tmn yg sk share link² gaje…

    Reply
  • 31/10/2020 at 01:58
    Permalink

    Bagus nih tulisan…untuk di bagikan ke orang yg suka banget share link pulsa gratis…suka gregetan…kesel kok gak sayang sm pulsa nya mending buat buka situs rumah belajar atau ilmu pedia lain nya..kt sy pernah menasehati tmn yg sk share link² gaje…

    Reply
  • 31/10/2020 at 00:31
    Permalink

    Wah harus hati-hati kita ya…

    Reply
  • 30/10/2020 at 23:47
    Permalink

    siip pal D, terima kasih telah memberi info tindakan preventif

    Reply
  • 30/10/2020 at 23:33
    Permalink

    Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *