Hai, Hari Ini Aku Menulis!

Gambar Tangkap Layar Kelas Menulis (Dok. Joko Mumpuni, Penerbit ANDI Yogyakarta)

Guru adalah penulis. Setiap hari ia bergumul dengan berbagai administrasi sekolah. Banyak kegiatan menulis di sana. Apalagi pada masa pandemi sekarang ini. Guru berperan penting dalam “menghidupkan” kelas agar pembelajaran menyenangkan. Satu di antara upaya guru adalah menyiapkan bahan pembelajaran. Memberi perintah untuk memelajari materi pelajaran, memberikan komentar atas tugas-tugas atau hasil pekerjaan siswa dilakukan dengan tulisan.

Menulis, menyampaikan gagasan dalambentuk tulisan adalah keterampilan berbahasa keeempat setelah mendengarkan, berbicara, dan membaca. Menulis adalah berbicara kepada orang lain dalam bentuk tulisan. Guru selain dituntut kemampuannya dalam hal berbicara, ia  harus dapat “berbicara” secara tertulis. Oleh karena itu, wajar jika pengembangan karir guru salah satunya diambil dari nilai karya tulis.

Kelas-kelas menulis online yang diselenggarakan berbagai organisasi guru, terutama PGRI, telah banyak dibuka. Melalui kelas-kelas tersbut, guru sebagai pendidik terbuka kesempatan untuk mengembangkan diri. Sampai di mana pencapaian menulis Anda hari ini? I will do it  atau Yes, i did it?

#Day1NovAISEIWritingChallenge

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

6 thoughts on “Hai, Hari Ini Aku Menulis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *