Menulis untuk Mengembangkan Karir Guru

Pembinaan dan Pengembangan Profesi guru
Buku 4
Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Pembelajar (Dok. Pribadi)

Apa yang ada dalam benak guru (khususnya guru PNS) melihat buku itu? Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Pembelajar. Dalam buku itu dijelaskan tiga hal tentang kegiatan pengembangan profesi guru pembelajar. Ketiga hal tu adalah pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Ketiga hal tersebut dinilai angka kreditnya. Sejak guru memiliki pangkat III/b, jika ingin naik pangkat maka diharuskan memenuhi angka kredit dari publikasi ilmiah dan karya inovatif, selain pengembangan diri. Publikasi ilmiah yang dapat dibuat oleh guru secara umum ada 10 jenis. Kesepuluh jenis publikasi ilmiah tersebut terdiri atas: presentasi di forum ilmiah, hasil penelitian, tinjauan ilmiah dan best practice, tulisan ilmiah populer, artikel ilmiah, buku pelajaran, modul/diktat, buku dalam bidang pendidikan, karya terjemahan, dan buku pedoman guru.

Jumlah publikasi ilmiah yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak 3 (tiga) buah dalam setiap periode penilaian AK. Buku pedoman guru dibuat paling banyak 1 (satu) buah, untuk setiap periode penilaian angka kredit. Penulisan laporan penelitian maksimal 2 laporan per tahun. Karya inovatif maksimal 50% dari angka kredit yang dibutuhkan. Uarian detail ada pada buku pedoman tersebut. Pedoman penilaiannya ada pada buku 5 buku seri pembinaan dan pengembangan profesi guru.

Berikut buku pedoman yang saya tulis. Buku ini menjadi pedoman bekerja pada tahun pelajaran 2020/2021. Buku ini akan terus disempurnakan pada waktu mendatang. Meskipun hanya satu yang bisa dinilai, namun buku pedoman guru dibuat setiap tahun pelajaran.


#Day3NovAISEIWritingChallenge

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

8 thoughts on “Menulis untuk Mengembangkan Karir Guru

  • 07/11/2020 at 06:26
    Permalink

    Pakdheku bak sumur dengan sumber air bening yang tak pernah kering, sehat dan semangat terus

    Reply
  • 07/11/2020 at 06:09
    Permalink

    Membaca buku 4 jadi semangat untuk menyusun KP akhir tahun nggih pak

    Reply
  • 06/11/2020 at 23:54
    Permalink

    Mantap pak, menginspirasi. Pengen ngikuti jejak pak Susanto persiapkan diri naik pangkat

    Reply
  • 06/11/2020 at 22:56
    Permalink

    Terpukau sama isi dan tampilan tulisannya pak Dbikin semangat belajar terus

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *