Blog Bermasalah

blogsusanto.com

“Anak-anak, bulan November kita adakan tantangan ya! Silakan foto sesuatu di lingkungan kalian, lalu unggah di blog dan ceritakan setidaknya seratus kata. Tidak boleh jorok dan juga tidak boleh menyinggung perasaan orang lain,” demikian perintah saya kepada anak-anak untuk mengisi blog mereka. Pada awal Oktober di sela-sela pembelajaran daring dan luring mereka saja ajak untuk menginstal aplikasi blogger di gawai mereka. Setiap sepuluh hari sekali akan saya undi sebanyak tiga orang dan satu orang blog terbaik pilihan guru.

Tidak sampai seminggu mereka mengirimkan link blognya melalui grup WA kelas kami. Bermacam-macam foto di dalamnya. Ada foto sawah, kolam ikan, burung, kucing, ayam, dan kambing. Jangan diperiksa bahasa dan ejaannya. Tahap awal ini bertujuan agar blog mereka berisi dan mereka belajar mengungkapkan ide dengan bahasa sendiri. Meskipun demikian, mereka yang menyalin tulisan dari buku juga tidak ditolak.

“Assalaamualaikum, Pak. Kan disuruh buat blog. Blog saya sedang bermasalah, kalau mau instal lagi paket saya nggak cukup, pak!” tulis Kiki melalui WA. Saya bingung, apa yang dimaksud dengan blog bermasalah. Ketika saya balik bertanya, maksud bermasalah itu apa, gadis kecil itu menjawab. “Tidak bisa dibuka, lupa password, Pak!”

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

3 thoughts on “Blog Bermasalah

  • 10/11/2020 at 17:44
    Permalink

    Hehe, kreatif P gurnya, keren…

    Reply
  • 10/11/2020 at 16:30
    Permalink

    inget pengalaman pribadi. Tahun 2008 punya blog..tahun 2010 krn punya anak baby..gak buka2 blog..thn 2012 pengen ngeblog lg..tp sampai hr ini .. blog ku yg dulu bermasalah..lupa passwordnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *