Sang Pengatur Negara

Ki Enthus (Dok. Tirto.id)Perawakannya nyaris sempurna. Kegantengannya dipuji banyak orang, termasuk dirinya. Ia memuji dirinya bahwa ia dalang paling ganteng sedunia. Tentu hanya kelakar. Beliau seniman rendah hati yang sangat mumpuni. Seorang santri, seorang dalang, seorang kyai, dan bupati.

Ki Enthus Susmono adalah dalang idola saya. Dalang serba bisa ini suaranya berat, merdu, mantab. Pandai mewakili karakter puluhan tokoh wayang yang dimainkan. Memainkan raja berwibawa hingga wanita genit menggoda. Adegan menangis sesenggukan sang punakawan diselingi adegan marah Raden Gatotkaca yang naik darah, dengan luwes ia bawakan.

Dalang yang serba bisa, entertainer sejati. Kebiasaan itu ia peroleh secara otodidak. Belajar sendiri. dari ayahnya, kakeknya, dan buyutnya yang juga dalang. Seorang Dahlan Iskan, wartawan kawakan, sempat bertanya apakah berat menjadi bupati. inilah jawab Ki Dalang: Saya sudah biasa mengatur negara, apa susahnya mengatur kabupaten?” Sayang sekali. Bupati pengatur negara itu sudah tidak ada lagi.

#pentigraf

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

One thought on “Sang Pengatur Negara

  • 13/11/2020 at 06:16
    Permalink

    Saya mau coba menulis pentigraf…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *