Pelatihan Aplikasi Daring Tahap 3 KKG Musi Rawas

Belajar tidak mengenal usia. Apalagi jika belajar dengan misi ingin mengajarkan lagi kepada teman-teman lain, maka usia tidak boleh menjadi penghambat. Demikian pula saya, usia sudah menjelang lima puluh tetapi pengetahuan terasa masih sangat sedikit. Meskipun demikian, tidak semua webinar gratis saya ikuti dengan dalih menambah ilmu pengetahuan. Saya seleksi sesuai kebutuhan dan ketertarikan. Selembar sertifikat tidak terlalu penting dibanding memahami apa yang saya ikuti.

Pengurus kelompok kerja guru kabupaten secara maraton menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi guru pada masa pandemi. Pelatihan Aplikasi Daring, demikian tajuk kegiatan mereka. Kali ini sudah memasuki tahap ketiga. Pada tahap pertama, saya sengaja tidak mengikuti. Saat itu materi yang dipelajari tentang pemanfaatan aplikasi google formulir. Tahap kedua materi masih sama, namun kali ini saya ikut mendaftar.

Baca

https://blogsusanto.com/2020/11/13/pelatihan-aplikasi-daring-tahap-2-kkg-musi-rawas-resmi-ditutup/

Pada sepuluh hari terakhir bulan November 2020, kembali digelar pelatihan aplikasi daring ketiga. Materi kali ini sangat menarik. Membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster,  membuat video animasi, dan tentu saja mengunggah hasilnya di channel youtube.

Kuota peserta sebanyak 160 orang segera habis terisi dalam hitungan menit setelah tautan pendaftaran disebar melalui grup-grup whatsapp guru. Karena materinya menarik, ingin meningkatkan keterampilan membuat video menggunakan HP, dan tentu saja ingin menambah konten channel youtube maka saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Tidak berapa lama, grup pelatihan kelas A dan B pun segera dibentuk. Admin pun memasukkan saya menjadi salah satu anggota.

“Duh..ada..pak..e di sini to..,” tulis seorang admin yang tidak lain adalah kolega saya dalam beberapa kegiatan.

“Lha iyo to bu, di mana-mana ada beliau,” komentar admin satunya lagi.

Sehari-hari saya akrab dengan mereka. Dalam beberapa kesempatan, saya menjadi penyaji dan mereka menjadi peserta. Jadi tidak heran bila mereka tidak asing dengan saya.

Kadang saya malu. Sudah tua masih ikutan juga. Namun saya menyadari, jumlah peserta sangat terbatas. Jika tidak segera menyambar tentu tertinggal dan ambyar!

#Day17NovAISEIWritingChallenge

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

2 thoughts on “Pelatihan Aplikasi Daring Tahap 3 KKG Musi Rawas

  • 21/11/2020 at 02:03
    Permalink

    Momen apapun menjadi 1 goresan pada gawai yang akan mewarnai salah satu wadah sebuah artikel yg dapat dibaca oleh semua pengunjungnya. Semangat belajar yg tak mengenal usia terkadang menjadi tamparan sendiri bagi saya yang usianya masih jauh diatasq dengan terpaksa kadang aku harus menutup wajahku karena rasa maluku. Sertifikat bukan jadi tujuan utamanya dlm mengikuti kegiatan, namun materi yg dianggap menarik dan tingkat kebutuhannya menjadi salah satu dasar beliau mengikuti sebuah kegiatan. Sampai2 kami sendiri terkadang merasa sungkan dan grogi ketika beliau menjadi salah satu peserta dlm sebuah kegiatan dimana kami tahu beliau jauh lebih banyak pengalaman dan pengetahuan dibandingkan kami.

    AQ salut pada Pak De

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *