Hindari Plagiarisme dengan Plagiarism Checker

Menjadi penulis akan dihadapkan pada plagiarisme. Wikipedia menulis, plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.

Jika tidak hati-hati dan tidak pandai memparafrasekan kutipan tulisan orang lain, kita bisa dianggap melakukan plagiarisme atau penjiplakan. Apalagi jika tidak mencantumkan sumber tulisan. Sedangkan mencantumkan sumber dengan gamblang sekalipun jika tidak sesuai dengan aturan redaksi tulisan kita bisa dieksekusi dalam bentuk penghapusan.

Blog pribadi, meskipun aturan redaksional ditentukan sendiri sebaiknya terhindar dari plagiarisme. Jika itu dilakukan maka terjadi pelanggaran etika dan menurunkan nilai blog itu sendiri. Jika pada channel Youtube rawan copyright maka pada blog, jika tidak sengaja dan tanpa kehati-hatian, bisa terjebak pada praktik plagiasi. Untuk membantu para penulis (termasuk mahasiswa) memeriksa unsur duplikasi dalam tulisannya Smallseotools menyediakan fitur plagiarism-checker. 

Situs gratis untuk memeriksa banyaknya plagiasi pada tulisan ini mampu mendeteksi hingga 1000 kata setiap kali periksa. Kita tinggal mengetik atau menempel tulisan yang akan kita periksa unsur plagiasinya pada tempat yang disediakan. Kemudin klik tombol Check Plagiarism.

Gambar: smallseotools

 

Setelah mengetik atau menyalin dan menempel konten Anda pada kotak periksa lalu klik tombol biru maka akan muncul persentase palgiasi yang terjadi ditandai dengan lingkaran berwarna merah dan keunikan tulisan sebagai karya sendiri dilingkari warna hijau.

 

Hasil Plagiarisme (Dok. smallseotools )

Plagiasi seperti mengutip pendapat pakar atau ahli biasanya diizinkan 20 hingga 25 persen dari seluruh tulisan. Itu pun harus pandai memparafrasekan kutipan. Pada contoh di atas, penjiplakan yang terjadi sebanyak 88% dari keseluruhan tulisan yang ditempelkan atau diketikkan. Untuk memeriksa perbandingan penggunaan kalimat yang sama pada situs lainnya maka klik tombol compare. Kita akan dibawa ke website atau gambar yang memuat kalimat tersebut.

Kapan Waktu Ideal Memeriksa Plagiarims?

Memeriksa plasgiarism pada web Smallseotools idealnya dilakukan sebelum tulisan diterbitkan. Jika lingkaran unique menunjukkan persentase yang tinggi bahkan hingga 100% maka kecil kemungkinan kita melakukan plagiasi. Jika tulisan sudah diterbitkan lalu diperiksa plagiasinya dan tombol compare membawa kita menuju link tulisan kita sendiri maka aman, meskipun persentase merahnya besar. Itu menunjukkan bahwa tulisan yang kita tempelkan sudah ada dalam web kita. Lain halnya jika tulisan rombol compare mengarahkan kita menuju berbagai situs.  Jika tulisan kita banyak berada di sana, maka tindakan bijaksana adalah memparafrasekan kembali agar tulisan kita tidak menduplikasi tulisan orang lain.

https://blogsusanto.com/2020/09/19/ayo-menulis-jangan-copy-paste/

#Day21NovAISEIWritingChallenge

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

9 thoughts on “Hindari Plagiarisme dengan Plagiarism Checker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *