Review Buku “Jurus Jitu Menulis dan Berprestasi” Karya Ibu Noralia Puspa Yunita

Buku berjudul Jurus Jitu Menulis dan Berprestasi (Kumpulan materi penulisan dan kisah inspiratif penulis ternama) karya Ibu Noralia Puspa Yunita, M.Pd. dengan tebal 7 halaman Romawi, 255 halaman isi, dan 5 halaman berisi profil dan sinopsis diberi kata pengantar oleh Omjay (Bapak Wojaya Kusuma) Guru Blogger Indonesia. Kata pengantar yang singkat dari beliau cukup menggugah rasa untuk segera ingin membaca isinya.

Hal yang menarik dari buku yang berisi rangkuman dari 30 kali pertemuan dengan para narasumber sangat layak diberi label Jurus Jitu Menulis dan Berprestasi. Lima bab pokok berisi kegiatan menulis, motivasi menulis, mulai menulis, menerbitkan dan memasarkan buku, serta meraih prestasi dari menulis memberi gambaran bagaimana mengolah hasil belajar menjadi “bahan ajar” teknik mengolah bahan “mentah” (resume kegiatan) menjadi “masakan” berupa tulisan yang enak dinikmati. Tambahan satu bab yakni media lain penyalur ide melengkapi pengetahuan bagaimana menyalurkan energi berprestasi dalam bentuk tulisan maupun tayangan.

Sebagaimana “promo” dari penulis pada bagian sinopsis, menurut saya isi buku ini memang sangat perlu dimiliki oleh para pendidik, pelajar/mahasiswa yang memiliki keinginan untuk menulis. Selain menjadi bacaan yang menarik, buku ini dapat menjadi panduan bagi Anda yang baru mulai gandrung dengan dunia kepenulisan dalam rangka meningkatkan kualitas karyanya.

Catatan sementara yang dapat saya berikan adalah penulisan subbab dengan huruf kapital. Hal ini terkesan seperti judul sementara pada ToC (Table of Conten) sudah rapi tersusun dengan teknik penulisan huruf kapital pada setiap awal kata. Hal sepele yang disayangkan terjadi adalah penyingkatan kata yang menjadi yg pada halaman 119.

Terakhir, harga bersahabat ditambah sajian yang apik, menarik, dan mudah dipahami adalah keunggulan lainnya dari buku karya guru SMP Negeri 8 Semarang ini. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membeli.

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *