Berakhir, Rangkaian Pelatihan Aplikasi Daring 2020 GTK Musi Rawas

Drs. Totok Sunarto, M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Kabupaten Musi Rawas, pada 27 November 2020 resmi menutup Pelatihan Aplikasi Daring Tahap (PAD) Tahap 3. Dua pelatihan sebelumnya diperuntukkan bagi guru dan kepala sekolah membahas pemanfaatan Google Classroom, Quizizz, dan Google Formulir dalam pembelajaran. Pelatihan Aplikasi Daring Tahap 3 kali ini dikhususkan bagi guru kelas dan guru mata pelajaran. Materi pokok pada PAD 3 ini adalah membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi Kinemaster dan aplikasi grafis pendukung lainnya.

Penutupan PAD 3 (Dok. GTK Disdik Mura)
Dok. GTK Disdik Mura

 

Para guru yang terdaftar dilatih oleh rekan sejawat yang sebelumnya mengikuti ToT (Training of Trainer) sebagai narasumber. Narasumber dilatih oleh senior mereka yang juga guru di Musi Rawas pemilik channel YouTube Septi Kresia Krisworo.

Baca: https://blogsusanto.com/2020/09/28/dipaksa-terasa-sakit-lama-lama-jadi-ketagihan/

Pelatihan Aplikasi Daring Tahap (PAD) Tahap 3 terbagi menjadi dua kelas, A dan B. Mereka bergantian menggunakan aplikasi zoom dalam mengikuti pelatihan.

Berikut materi pembelajaran pada pelatihan tersebut


Pada acara penutupan kegiatan tersebut, mewakili peserta, Ibu Salvera Guru SDN Bukit Aman menyatakan sangat puas dengan materi yang disampaikan narasumber. Penyampaian materi sangat gamblang, narasumber mampu menjelaskan hal-hal kecil hingga hal penting yang sulit dipahami peserta. Tugas yang diberikan sebagai tagihan tidak dirasakan sebagai hal yang memberatkan. Melalui tugas yang diberikan peserta berlatih lebih lanjut secara mandiri. Oleh karena itu ia berpesan agar peserta lainnya tetap bersemangat. Setelah mengucapkan terima kasih kepada panitia dan narasumber, ia berharap para guru semangat belajar dan mengembangkan diri agar menjadi guru-guru hebat.

Perwakilan Peserta (Dok. GTK Disdik Mura)

Sebelum menutup secara resmi, Drs. Totok Sunarto menyatakan bahwa kegiatan kali ini adalah kegiatan terakhir dari rangkaian upaya dinas membantu dan memfasilitasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring. Selanjutnya pada awal bulan Desember guru akan melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsi sebagai guru yakni melaksanakan penilaian akhir semester bagi peserta didik.

Senada dengan perwakilan peserta, beliau mengatakan bahwa guru adalah agen perubahan. Hak anak terus belajar secara menyenangkan harus terpenuhi. Oleh karena itu, jangan berhenti sampai di sini. Meskipun secara resmi kegiatan telah berakhir, Kepala Bidang GTK tersebut berpesan kepada narasumber dan peserta agar tetap menjalin komunikasi. Meskipun pada saatnya nanti pembelajaran berlangsung secara tatap muka, bekal yang ada tetap memberikan manfaat yang sangat besar dalam pembelajaran yang menyenangkan.

Para peserta yang lulus akan mendapat sertifikat senilai 32 jam. Agar dapat lulus, mereka harus aktif ditandai dengan mengisi daftar hadir disertai gambar tangkap layar ketika zoom dan mengerjakan serangkaian tugas. Tugas tersebut meliputi, membuat video, membuat akun youtube, , mengunggah video ke kanal masing-masing, dan melaporkannya di google classroom grup masing-masing serta mengisi beberapa soal postes.

Semoga video yang diunggah semakin banyak, channel youtube para berkembang dan tidak menjadi sarang laba-laba karena tidak pernah berisi lagi.

Salam persahabatan guru blogger nasional

Pak D Sus

#reportase

#Day24NovAISEIWritingChallenge,

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

7 thoughts on “Berakhir, Rangkaian Pelatihan Aplikasi Daring 2020 GTK Musi Rawas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *