Mengulik PGRI SLC (Smart Learning Center)

Gambar Tangkap Layar Web PGRI (Dok. PB PGRI)

 

Sebagai anggota PGRI, seberapa sering Anda membuka Website PB PGRI tersebut? Sudah pasti sering, ya? Atau menjawab dengan senyuman tanpa sepatah kata pun keluar? Tidak apa-apa. Anda tidak sendirian. Banyak yang jarang berkunjung ke “rumah virtual” anggota organisasi guru tertua di Indonesia itu.

Jika kita mengunjungi website organisasi kebanggaan guru Indonesia itu, kita akan mengetahui bahwa Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia(PB PGRI) sudah makin berbenah. Secara offline, gedung guru dan fasilitas di dalamnya semakin baik. Beberapa teman saya (kebetulan saya belum) pernah datang berkunjung dan  menginap di sana.

Terhadap nasib guru pun mereka semakin peduli. Mereka memperjuangkan nasib para guru (ASN maupun honorer), anggotanya maupun bukan. Karena jika ada kebijakan yang baik tentang guru mereka akan merasakan bersama. Bravo, PB PGRI!

Secara daring, PGRI giat meningkatkan kompetensi anggotanya. Kesulitan para anggota ketika melaksanakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) diberinya solusi dengan berbagai fasilitas webinar dan workshop secara daring melalui berbagai media. Media video converence melalui zoom, youtube, bahkan WhatsApp! Ingat, ada pelatihan menulis secara online hanya dengan WhatsApp yang hingga akhir tahun ini sudah menyelenggarakan pelatihan Gelombang 16! Hidup PGRI!

Tidak ketinggalan berbagai lomba dan kompetisi pun digelar.  Juga pemberian anugerah dan penghargaan. Lomba dan pemberian penghargaan itu misalnya: Lomba blog dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berdedikasi, dan Lomba Menulis Pengalaman PJJ di Era Pandemi. Yang terakhir adalah Gurulympics. Kegiatan ini merupakan olimpiade untuk guru dan tenaga kependidikan dengan 14 bidang olah ilmu dan 8 bidang olah karya yang dilombakan secara online. Keren sekali. Jangan lupa, inovasi besar PB PGRI yang ditegaskan pada acara puncak peringatan HUT Ke-75 tanggal 28 November 2020 adalah Tunas TV PGRI dan Aplikasi Bantu Guru. Sudah install aplikasi Bantu Guru, belum?

PGRI Smart Learning Center

Satu di antara menu pada website PB PGRI tersebut adalah Smart Learning Center (SLC). Dengan mengeklik menu tersebut kita akan disambut dengan ucapan “SELAMAT DATANG DI PGRI SMART LEARNING CENTER”. Terpampang di sana berbagai pilihan menu lagi misalnya: e-Tes PGRI SLC, e-Learning PGRI SLC, e-Pustaka PGRI SLC, e-Video PGRI SLC, dan e-UNBK PGRI SLC.

Pada halaman di bawahnya tersaji video produksi channel youtube PGRI SLC berjudul Peran TIK dalam Pembelajaran bersama Prof. Richardus Eko Indrajit yang merupakan ketua Program SLC PGRI tersebut. Video tersebut (jika belum dihapus) adalah satu di antara puluhan video berseri “Indonesia Digital Learning”. Sampai dengan tulisan ini dipublikasikan, ada sekitar 26 video tentang IDL (Indonesia Digital Learning) yang layak kita tonton.

 

Untuk mengakses beberapa menu di sana, pengunjung harus melakukan “login” terlebih dulu. Boleh saja login sebagai tamu namun tidak memiliki akses sebanyak login sebagai member. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengulik lebih dalam isi SLC milik PGRI tersebut, Anda harus melakukan “sign up” atau mendaftar terlebih dulu.  Alur pendaftaran akun baru pun tidak sulit dan ribet karena menu bahasa Inggris yang ada dapat diubah ke dalam Bahasa Indonesia.

Membuat Akun Baru di SLC PGRI

Setelah pendaftaran selesai, anda mendapat ucapan terima kasih dan berhak menikmati berbagai fitur yang ada.

Pendaftaran Anda Sudah Terkonfirmasi

Nah, tidak ribet, kan? Saatnya ngulik PGRI SLC di rumah virtual kita http://pgri.or.id/.

 

#Day28NovAISEIWritingChallenge

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

11 thoughts on “Mengulik PGRI SLC (Smart Learning Center)

  • 27/03/2021 at 09:35
    Permalink

    Terimakasih infonya Pak Dhe…

    Reply
  • 03/12/2020 at 10:36
    Permalink

    Jadi tambah tahunya…. Terima kasih.. Mantul

    Reply
  • 03/12/2020 at 06:11
    Permalink

    Pikiran dan hati kita harus terbuka dengan perubahan

    Reply
    • 03/12/2020 at 20:03
      Permalink

      siip sungguh inspiratif, Pak D Susanto

      Reply
  • 03/12/2020 at 05:09
    Permalink

    Wahhh.. Tulisannya menyadarkanku..!
    Ayooo Daftar Segera…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *