Belajar Membuat Video Pembelajaran

Sudah cukup lama, saluran video pribadi youtube seperti sepeda motor kehabisan minyak. Mogok berbulan-bulan. Beruntung ada pelatihan membuat video menggunakan Kinemaster. Beruntungnya lebih kepada keharusan mengumpulkan tugas. Tugas yang harus dikumpulkan berupa video pembelajaran dengan materi tidak ditentukan. Mengumpulkannya dalam bentuk link atau tautan saluran youtube pribadi. Puji syukur, video pertama dengan Kinemaster sudah berhasil dibuat.

Di sinilah unik dan menariknya. Ilmu yang didapat sama, aplikasi yang dipakai juga seragam, latar belakang atau background juga satu paket diberi oleh panitia, tetapi hasilnya sangat beragam. Ternyata, kata kuncinya adalah kreativitas. Para guru muda yang sangat akrab dengan gawai dan diiringi dengan imajinasi yang tinggi tentu hasilnya relatif lebih menarik. Saya yang memiliki keterbatasan intuisi, sulit mengembangkan ide dan kreativitas, hasilnya ya begitu-begitu saja. Yang penting, pesan tersampaikan.

Jika saya membaca kembali paparan seorang youtuber ternama yang mengkhususkan pada bidang matematika, Paman Apiq, saya mendapat pesan bahwa seorang youtuber harus membuat satu video setiap hari. Berikut pesannya dalam sebuah webinar.

Paparan Paman Apiq pada sebuah Webinar

 

Pada bagian lain youtuber dengan pelanggan lebih dari 320.000 orang itu pun memberi tips membuat video hanya dengan HP. Buatlah video pendek dengan HP tanpa edit. Jika salah, buat lagi sebab hindari edit. Selanjutnya beri judul yang menarik, tambahkan deskripsi, tag, lalu unggah. Begitu saja.

Sampai di sini, tindakan apa yang akan dilakukan? Membuat video dengan aneka aksesori sehingga menjadi video yang dinamis atau membuat video sederhana dengan rambu-rambu yang telah disarankan Paman Apiq. Saya tidak menjawab dan tidak akan membantu memberikan jawaban. Terserah Anda, tergantung apa tujuan video dibuat.

Guru blogger berpesan, menulislah setiap hari. Guru youtuber berpesan, upload-lah video setiap hari. Buktikan apa yang terjadi!

 

#Des6AISEIWritingChallenge

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

5 thoughts on “Belajar Membuat Video Pembelajaran

  • 08/12/2020 at 05:09
    Permalink

    Keren P D, selamat mengaktifkan youtobenya kembali…

    Reply
  • 07/12/2020 at 23:10
    Permalink

    Saya sudah sering bikin, Pak D. Tapi untuk kompetisi saja. Hasilnya? Masih harus belajar banyak lagi.

    Reply
    • 08/12/2020 at 00:43
      Permalink

      Wah, untuk kompetisi mana berani. He he he … Terima kasih dukungannya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *