Buku Digital Semangat Berbagi Semangat Menginspirasi, Wajib Baca!

Sampul Buku Digital Kelas Kreatif

 

Selasa pagi, 8 Desember 2020. Sehari yang lalu, ibunya anak-anak berulang tahun. Ulang tahun kedua puluh enam sejak kami menikah tahun 1994 yang lalu. Tidak ada kado khusus selain ucapan tulus semoga keberkahan selalu Allah limpahkan pada usianya. Tidak ada juga perayaan atau tiupan nyala lilin berangka 4 dan 9. Itu bukan tradisi keluarga kami. Atau kami bukan keluarga yang modern, ya?

Pagi ini, membuka hari ada kiriman di grup AISEI Writing Online 2. Pak Dadan M.Pd., Pendidik di SMA Bandung Independent School membagikan buku digital Semangat Berbagi!Semangat Menginspirasi!  Barangkali inilah yang dinamakan berkah. Berkat bergabung dan ikhlas belajar pada komunitas pendidik dan penulis, secara cuma-cuma mendapat berbagai pencerahan dan ilmu pengetahuan. Satu di antaranya adalah buku digital dari Pak Dadan. Dalam grup Pak Dadan menulis seperti berikut ini.

Alhamdulillah buku digital Semangat Berbagi!Semangat Menginspirasi! sudah rampung. Mangga, Bapak/ Ibu bisa baca tulisan refleksi para pendidik mengajar selama masa pandemi. Tidak hanya bercerita tentang suka-duka yang dialami, tetapi juga ada hal yang bisa kita pelajari. Terima kasih banyak Bapak/ Ibu yang sudah berkontribusi. Tetap semangat berkarya. File buku digital bisa dishare pada komunitas-komunitas guru lainnya…

Saya belum mengenal secara pribadi (meskipun di dunia maya) dengan beliau. Melalui buku digital tersebut saya menjadi tahu bahwa Pak Dadan adalah penggiat Komunitas Pendidik Kelas Kreatif Indonesia. Itu adalah sebuah Personal Learning Community (PLC) yang terdiri dari para guru, dosen, dan pemerhati pendidikan. Para individu yang terlibat di dalamnya menjadi lifelong learner yang melakukan refleksi terhadap praktik mengajar masing-masing. Mereka kemudian melakukan ‘riset’ terhadap teori, strategi, dan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif juga interaktif -mengimplementasikan di kelas-. Tujuan akhir kegiatan itu adalah menghasilkan sebuah kelas yang menginspirasi agi siswa-siswinya.

Unduh dan Baca Buku Digital Hebat Ini

Buku digital yang sampulnya ada pada awal tulisan ini berisi 65 tulisan refleksi mengajar selama pandemi. Saya menemukan puluhan dokumentasi pembelajaran semasa pandemi. Pembelajaran jarak jauh sinronus dan asinkronus, berbagai macam aplikasi teknologi informasi yang digunakan dalam kelas virtual mereka. Deskripsi proses pembelajaran yang dipaparkan membawa imajinasi saya untuk ikut terlibat dalam kisah-kisah mereka.

Terima kasih, Pak Dadan! Saya mohon izin menyebarkannya melalui blog ini.

Teman-teman yang membutuhkan bacaan yang sangat bagus ini silakan unduh di sini.

 

#Des8AISEIWritingChallenge

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

6 thoughts on “Buku Digital Semangat Berbagi Semangat Menginspirasi, Wajib Baca!

  • 08/12/2020 at 19:13
    Permalink

    Wah slamat ulang tahun untuk Istri, Pak Susanto… Terus dlm lindungan Allah 🙂 dan mantap sdh berbagi ttg buku keren iniii, terus smangat Pak!!

    Reply
  • 08/12/2020 at 19:05
    Permalink

    barokalluhufi. Umrik pak.untuk istri tercinta.. Semoga sehat n bhgia dll jd kebanggaan keluarga.

    Waah blm smpt gbung ke grup mnulis buku elektrik

    Reply
  • 08/12/2020 at 09:02
    Permalink

    Happy milad utk bu D.. semoga sehat. Barakallah fii umrik

    Reply
  • 08/12/2020 at 08:04
    Permalink

    Saya juga menulis di buku itu loh pak D dan membantu mengedit di satu tulisan teman disitu juga. Terimakasih pak D

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *