Bu Icha Guru Inovator Sumatera Selatan Tahun 2020

Gambar: Linggau Pos 9 Desember 2020

Tanggal 9 Desember yang lalu saya mendapat kiriman gambar. Gambar itu potongan surat kabar harian lokal. Linggau Pos adalah harian besar dengan wilayah edar di Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuklinggau dan kabupaten tetangga. Kabupaten Lahat, Empat Lawang, dan Rejang Lebong adalh target berita dan pemasaran harian pagi di bawah naungan management Harian Pagi Sumatra Ekspres (Jawa Pos Group) itu.

Guntingan koran yang dikirimkan melalui WA itu menonjolkan gambar sang pemenang Inovator Sumatera Selatan Tahun 2020, Trisa Angela Sari. Tulisan pada gambar tersebut tidak jelas terbaca. Oleh karena itu, saya mencari file PDF koran tersebut lalu.

Hari ini, PGRI Kabupaten Musi Rawas melalui Sekretaris II Bapak Johan Wahyudi memosting surat undangan pengambilan penghargaan dan cindera mata kepada Guru Berprestasi, Guru Purna Bhakti, dan Guru Pemenang Lomba Menulis Blog dalam rangka Peringatan HUT Ke-75 PGRI dan HGN Tahun 2020.

Hari ini juga beliau (Bapak Johan) menyerahkan cinderamata tersebut kepada Bu Icha. Saya selalu memanggilnya demikian. Beliau guru yang masih muda dan sering berbagi cerita dengan saya atau sekedar ngobrol untuk menanyakan sesuatu. Berikut foto yang diunggah pak Johan.

Dok. PGRI Kab. Musi Rawas (Masker dibuka hanya untuk kepentingan berfoto sesaat)

 

Saya sudah mengucapkan selamat. Begitu melihat foto tersebut sekali lagi mengucapkan selamat kepada yang bersangkutan juga kepada PGRI sebagai organisasi guru terbesar di Indonesia yang begitu peduli dengan prestasi anggotanya.

Inovasi Bu Icha

Icha mungkin nama kesayangan di keluarganya. Nama lengkapnya Trisa Angela Sari, S.Pd.
Perkenalan pertama dengan Guru SD Negeri 1 Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas itu pada ajang lomba pembuatan media pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Lomba itu diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Musi Rawas. Dia mewakili Kecamatan Megangsakti dan saya mewakili Kecamatan Purwodadi. Sejak saat itu kami sering bertemu terutama pada saat bersama-sama menjadi tim penyusun soal ulangan di KKG kabupaten.

Pada masa pandemi, saya belajar membuat video dan mengunggah video di akun youtube. Saya pun ingin agar ia sebagai guru SD yang relatif masih muda ikutan juga membuat video. Sampai dengan awal tahun ini, youtuber dari guru SD masih langka di daerah kami. Dari obrolan dengan “Si Bapak Tua”, akhirnya ia mau juga mengunggah video pembelajarannya. Kalau tidak salah catat, unggahan pertamanya pada tanggal 13 Mei 2020. Nih penampakannya. Video di channelnya sudah cukup banyak, loh.

 

Dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang Ke-25, Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan ajang pemilihan Inovator Sumatera Selatan. Tdak kurang dariĀ  796 inovator dari 17 Kabupaten/Kota akhirnya terpilih sebanyak 87 inovator dari berbagai kategori. Penganugerahaan Inovator Sumsel dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang Ke-25 dilaksanakan di Griya Agung Palembang pada hari Senin malam tanggal 7 Desember 2020.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengirimkan dua inovasi dari guru SMP
(Lukman SMPN Kosgoro dan Septi SMPN Sukamana) dan tiga inovasi guru SD, salah satunya Trisa Angela Sari dari SDN 1 Megang Sakti. Trisa Angela Sari berinovasi dalam pembuatan media pebelajaran matematika. Media pembelajaran yang dibuatnya diberi nama Tangga Antariksa. Setelah memaparkan hasil karyanya di depan dewan juri, akhirnya meraih Kategori I Kategori Guru SD Inovatif. Bersama dengan 87 inovator lainnya ia menerima tropiĀ  dan piagam yang diserahkan langsung oleh Bapak Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan.

 

SumberGambar: FB Icha

 

Sekali lagi, selamat Bu Icha. Semoga selalu menginspirasi kami semua. Tulisan dalam blog ini sebagai satu di antara media untuk mengingat momen yang membahagikan ini. Bagi Anda dan saya, tentunya.

Salam Sehat

PakDSus

#Des18AISEIWritingChallenge

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

8 thoughts on “Bu Icha Guru Inovator Sumatera Selatan Tahun 2020

  • 24/01/2021 at 17:01
    Permalink

    Puji syukur ke hadirat Tuhan YME,terima kasih kunjungannya teman-teman. Saling menyemangati.

    Reply
  • 24/01/2021 at 15:07
    Permalink

    Baru berkesempatan lagi membuka blog dan hal pertama yang saya rindukan adalah membaca tiap blog Pak Dhe Sus.
    Saya sangat terharu membacanya. Teringat dengan motivasi Pak Dhe Sus selama ini.
    Terimakasih untuk semuanya pak..
    Mohon bimbingannya selalu ya Pak

    Reply
  • 15/12/2020 at 07:46
    Permalink

    Selamat dan sukses bu Trisa, Sang motivator inovasi pembelajaran kabupaten Musi Rawas

    Reply
  • 14/12/2020 at 23:04
    Permalink

    Guru hebat dibarengi sistem among pkdeSus yg mumpuni. Jadilah guru muda yg inovatif.

    Reply
  • 14/12/2020 at 19:04
    Permalink

    Alhamdulillah berkat adanya om Jay dan pade Susanto dapat membawa nama harum Musi Rawas, Bu Icha, pak Sarto dan yang lainnya mudah2an terus berkarya demi anak bangsa, terutama pak Susanto sebagai guru blog Musi Rawas mudah2an tidak bosan mengadakan pelatihan blog.

    Reply
  • 14/12/2020 at 17:13
    Permalink

    Sangat valid informasi yang disampaikan. Semakin luaarrr biasa Pakde. Tulisan tentang orang lain yang dikesmas sedemikian rupa sangat menarik dan enak untuk dibaca.

    Reply
  • 14/12/2020 at 17:07
    Permalink

    cepat sekali artikelnya, wuih guru hebat. pakde sus

    Reply
  • 14/12/2020 at 17:05
    Permalink

    Selamat atas prestasinya Bu Trisa semoga selalu menginspirasi dan menjadi motivasi untuk kami .. jangan lupa share ilmunya
    Salam berinovasi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *