Memasukkan Slide ke Dalam Blog

Beberapa hari yang lalu seorang pembaca berkomentar pada blog saya bagaimana memasukkan slide ke dalam blog.

Saat itu saya membuat slide power point dan saya simpan dalam format PDF. Lalu saya unggah dan masukkan ke dalam blog. Secara singkat mengunggah slide ke dalam blog adalah sebagai berikut.

Setelah slide pada power point selesai dibuat, simpan dalam bentuk PDF. Caranya dengan memilih Save As lalu pilih format PDF.

Buka google drive Anda lalu masuk menggunakan akun google dan unggah file tersebut. Jika sudah terunggah, klik kanan lalu pilih Dapatkan link. Setelah itu centang pada Siapa saja yang memiliki link. Lalu klik selesai.

Setelah itu kembali ke drive, pilih file tersebut lalu klik dua kali untuk membukanya. Kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Buka di jendela baru.

Setelah file terbuka pada jendela baru, kembali klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Sematkan item. Akan muncul kotak dialog Menyematkan item. Blok kode yang ada lalu salin/copy.

Jika Anda menggunakan blogger, buka mode tulisan Tampilan html. Tempel kode tadi (paste) pada tempat yang diinginkan, lalu kembali ke mode Tampilan menulis.

Jika anda menggunakan wordpress dot com (versi gratis) pilih tampilan editor Code editor atau menekan tombol Ctrl+Shift+Alt+M. Tempel kode penyematan item di sana, lalu kembali lagi ke editor tampilan Visual editor.

Demikian cara menyematkan file PDF ke dalam blog kita. Berikut langkah-langkah dalam gambar. Semoga bermanfaat.

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

8 thoughts on “Memasukkan Slide ke Dalam Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *