Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Makin Lancar dengan ASUS VivoBook 14 A416

 

Keuntungan bergabung dengan berbagai komunitas guru penulis atau blogger adalah mendapatkan berbagai informasi. Termasuk lomba blog, berbayar maupun gratisan. Hadiah yang ditawarkan juga menggiurkan. Mulai dari voucher, printer, bahkan sebuah laptop menawan jika berhasil menjadi pemenang. Termasuk Informasi dari Kang Didno di sebuah Grup WA, Komunitas Guru Bloger.

 

Info dari Kang Didno

 

Pada salah satu flyer di atas, Kang Didno menambahkan tulisan sebagai berikut:

Buat bapak dan ibu guru/pendidik, atau dosen yang membutuhkan laptop untuk kegiatan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yuk ikutan lomba blog terbaru. Anda cukup menceritakan bagaimana kalau memiliki laptop ASUS VivoBook 14 A416 yang sudah menggunakan prosesor Intel 10th Gen, ada webcam dan microphonenya serta sudah dilengkapi Office Pre-Install. Hadiahnya ada 5 buah laptop dan 5 voucher OVO masing-masing Rp 1 juta.

 

Impian Memiliki Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Membaca pesan tersebut, saya jadi kepingin mengganti notebook ASUS X201E yang sudah beberapa tahun ini menemani saya bekerja. Layar 11.6 inchi terlihat cukup kecil oleh mata tua saya yang sudah memasuki usia lima puluh tahun.

Namun untuk membeli laptop seperti yang dijanjikan sebagai hadiah itu, saat ini belum memungkinkan. Lapotop dengan harga paling murah Rp 7,699,000,00 dengan prosesor Core ™ i3 dan Rp 10,399,000,00 untuk laptop ASUS VivoBook 14 A416 dengan prosesor Intel® Core ™ i5  masih perlu pertimbangan. Aha, ngeles ya!

 

Intel Core 10th Gen

 

Melalui lomba blog ini, ASUS memberi saya impian kesempatan untuk memiliki laptop layar standar 14 inchi dengan perbandingan 16:9 itu. Dibandingkan notebook ASUS yang saya miliki sebelumnya, laptop ini jauh lebih lega secara visual.  Apalagi didukung oleh prosesor Intel® Core ™ i3 dan i5 generasi ke-10 dengan RAM hingga 8GB serta grafis diskrit NVIDIA® MX3305 akan membantu saya mempercepat dalam melakukan pekerjaan sehari-hari sebagai guru: menulis, mengolah data sederhana, membuat slide presentasi, dan mengedit atau membuat video pembelajaran. Selain untuk browsing internet dan hiburan, tentunya.

 

Pembelajaran pada Masa Pandemi

Selama paruh kedua tahun 2020 atau semester pertama tahun pejaran 2020/2021, pembelajaran berlangsung secara daring dan luring. Larangan untuk berkerumun dan senantiasa menjaga jarak telah membatasi pertemuan klasikal atau tatap muka antara saya dan siswa. Meskipun saya dapat bertemu langsung, itu hanya dapat dilakukan terbatas, perorangan atau kelompok kecil.

Oleh karena itu, pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan utama proses pembelajaran pada masa pandemi kali ini. Setelah hampir satu bulan menjalani proses pembelajaran secara luring dengan cara guru kunjung ke rumah siswa akhirnya saya mengajak peserta didik untuk belajar menggunakan media blog.

Blog ini saya pilih sebagai media pertemuan saya dengan peserta didik secara tidak langsung. Pada blog, saya berikan petunjuk cara peserta mempelajari materi dan tugas-tugas yang harus dilakukan.
Materi pembelajaran yang saya buat di blog diksisusanto.blogspot.com sesekali harus saya sisipkan gambar. Kadang juga saya sisipkan video maupun formulir google. Dengan blog, siswa dapat “bertemu” saya kapan saja.

 

Media pada Pembelajaran Jarak Jauh

Melalui blog saya bisa menyajikan tulisan, gambar, buku, dan video. Video yang saya sematkan ke dalam blog adalah video yang URL-nya saya peroleh dari youtube. Ribuan video pembelajaran bertebaran di youtube dapat saya pilih untuk membantu siswa memahami materi pelajaran.

Namun sebagai guru pembelajar, saya pun harus mengikuti perkembangan zaman meskipun usia tidak lagi muda. Saya pun mencoba untuk membuat dan mengedit video pembelajaran.

Satu tahun sebelumnya kami mendapat pelatihan membuat video pembelajaran. Beberapa bulan lalu kami pun mendapat pembekalan yang sama dengan media berbeda. Pelatihan sebelumnya saya diajari membuat video pembelajaran dengan aplikasi adobe premiere pro, pembekalan berikutnya kami belajar membuat video pembelajaran dengan Kinemaster melalui HP.

 

Adobe Premiere Pro

Pada waktu pelatihan menggunakan aplikasi adobe premiere, sebagian teman gagal menginstal. Mereka membawa laptop dengan memori 2 GB. Memori segitu tidak bisa menanam aplikasi video editing tersebut ke dalam laptopnya. Notebook saya yang bermemori 4 GB dapat terinstal dan saya dapat menjalankannya. Meskipun begitu terasa berat dan ekspor video memakan waktu yang cukup lama.

Pada awal awal April 2020, pemerintah daerah secara resmi mengumumkan agar pegawai, termasuk guru, bekerja dari rumah. Work From Home (WFH) memaksa saya melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mulai saat itu, webinar menjamur sebagai pengganti seminar offline dalam gedung atau hotel. Berbagai komunitas guru pun bermunculan. Komunitas penulis, komunitas blogger, dan komunitas youtuber.

Semenjak pandemi melanda negeri, saya belajar kembali. Saya belajar menulis. Saya juga menambah konten blog dan membuat channel youtube. Mengedit serta membuat video pembelajaran menjadi kegiatan yang penuh tantangan bagi guru tua seperti saya.

 

Dok. Pribadi

Dengan adanya pandemi ini, laptop yang selama ini setia menemani semakin berat saja beban kerjanya. Saya membayangkan jika “peralatan tua” itu tergantikan oleh laptop istimewa seperti ASUS VivoBook 14 A416, tentu pembelajaran jarak jauh saya semakin menyenangkan.

Jika pandemi berakhir pun, saya akan dengan mudah membawa laptop canggih itu ke sana sini. Selain itu proses menyimpan dan mengirim data semakin cepat dan mudah. Menjelajah internet dan menikmati hiburan semakin leluasa. Baterai yang hemat tidak membuat khawatir pekerjaan terhenti di tengah jalan.

 

Fitur Andal ASUS VivoBook 14 A416 

Benar gak sih, jika kita punya laptop istimewa yang oleh produsennya diberi tagline Easy portability, Effortless productivity, One of the world’s smallest all-rounder 14-inch laptops itu pekerjaan kita sebagai guru seperti yang saya sebutkan di atas semakin mudah dan ringan?

Saya pun mengulik situs resmi Asus. Dari sana saya bisa melihat fitur lengkap laptop ini. Setidaknya ada sepuluh keunggulan laptop yang menjadi impian para guru khususnya dan juga Anda.

1. Efisiensi

Dengan prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dan grafis diskrit NVIDIA® MX330, ASUS VivoBook 14 A416 membantu Anda menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan efisien.
Menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan efisien.

Keunggulan prosesor Intel® Core™ i3 dan i5 generasi ke-10 adalah pengisian daya yang cepat dan masa pakai baterai yang lama. Cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari maupun untuk bisnis.

Cahnnael Pizza Gadget melaporkan bahwa untuk streaming youtube baterainya bisa bertahan selama 6,5 jam dengan mode power saver dari 100% hingga 6%. Jika hanya digunaan untuk mengetik-ngetik saja, dalam mode power saver baterai bisa bertahan hingga 8 jam.

Perangkat lunak untuk mendukung kinerja para kreator konten dengan ringan dapat diinstal dan menyediakan proses penyimpanan yang super cepat.

2. Penyimpanan Ganda

Jika saya memiliki ASUS VivoBook 14 A416 maka saya tidak pusing lagi untuk memikirkan tambahan ruang penyimpanan. ASUS VivoBook 14 A416 dilengkapi desain ruang penyimpanan yang dapat memberi keunggulan kinerja data supercepat dan kapasitas penyimpanan HDD sebesar 1 TB. File-file besar seperti film, koleksi musik, dan album foto serta video akan sangat lega disimpan di sana.

Kapasita SSD yang sangat besar hingga 256 GB akan membuat kita semakin nyaman. Menyalakan, menginstal berbagai aplikasi, dan memadamkan laptop responnya lebih cepat. Nikmat apalagi yang dirasakan oleh pengguna laptop dengan fitur dan sprsifikasi yang sedemikain hebat? Tidak salah jika ASUS mengklaim untuk fitur ini: store more, do more.

 

Penyimpanan ganda SSD dan HDD

3. Layar NanoEdge

Layar NanoEdge memberi ASUS VivoBook 14 A416 area layar yang luas. Layar ini memberi pengalaman yang imersif untuk bekerja dan bermain.

Menurut wikipedia, teknologi imersif merupakan teknologi yang mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital atau dunia simulasi. Dengan demikian, penggunanya bisa merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata.

Pilihan panel hingga resolusi Full HD dengan sudut pandang lebar pada ASUS VivoBook 14 A416 memiliki lapisan anti-silau. Ini amat berguna untuk mengurangi gangguan yang tidak diinginkan dari pantulan dan silau yang mengganggu. Dengan begitu, pengguna dapat benar-benar fokus pada apa yang ada di depannya.

 

Layar NanoEdge pada ASUS VivoBook 14 A416

4. Stylish dan Portable

Dengan bobot keseluruhan hanya 1,6 kg, ASUS VivoBook 14 A416 sangat portabel. Laptop yang memiliki dimensi panjang, lebar , dan tebal 325.4 x 216 x 19.9 mm termasuk enteng untuk ditenteng. Jadi, meskipun tidak lagi bekerja dari rumah atau belajar dari rumah karena pandemi berakhir, misalnya, laptop ini tidak akan membebani penggunanya untuk dibawa dan dipindahtempatkan. Tampilan transparent Silver atau Slate Grey membuat laptop ini terlihat sederhana namun berkelas.

 

Transparent Silver atau Slate Grey

5. Sensor Sidik Jari

Mengakses laptop tidak pernah semudah atau seaman ASUS VivoBook 14 A416! Dengan sensor sidik jari bawaan di touchpad dan Windows Hello, kita tidak perlu mengetikkan kata sandi setiap saat. Hanya butuh satu sentuhan untuk mengakses isi dalamnya.

 

Cukup dengan Satu Sentuhan untuk Login

6. Mengubah Panel Sentuh menjadi Panel Angka

ASUS NumberPad yang baru membuat segalanya jauh lebih mudah ketika tiba waktunya untuk menggunakan angka: cukup ketuk ikon panel sentuh maka akan berubah menjadi panel angka yang diterangi LED. Mudah dan menawan.

 

Panel Angka pada Panel Sentuh Diterangi Lampu

7. Keyboard

Bentuk keyboard laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini tidak kaku. Ujung tombolnya dibuat membulat. Dari segi tampilan keyboard ASUS VivoBook 14 A416 full-size. Ia makin makin menawan dengan backlit atau lampu latar. Hal ini membantu pengguna untuk bekerja di lingkungan yang minim cahaya. Asus benar-benar memanjakan kita, yah?

Didesain secara ergonomis, konstruksi satu bagian yang kokoh dan key travel 1,4 mm memberikan pengalaman mengetik yang nyaman. Proses mengetik dan input data lain lebih cepat dan efektif. Nggak usah bar-bar deh untuk mengetikkan sesuatu. Dengan sentuhan tipis saja, data sudah terinput.

 

 

8. Konektivitas

Menyalin data atau memindahan data dari media ke dalam laptop semakin mudah dan cepat. ASUS VivoBook 14 A416 dilengkapi dengan port USB-C® 3.2. Hal ini memberikan kecepatan transfer data 10 kali lebih cepat dari koneksi USB 2.0.
Port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader

9. Perlindungan yang Ditingkatkan

 

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 terbilang kokoh. Laptop ini dilengkapi dengan fitur peredam getaran HDD E-A-R® untuk melindungi data dari setiap benturan. Sasis yang diperkuat meningkatkan pengalaman mengetik. Istilah anak muda,meskipun kita ngetik dengan bar-bar pun akan aman-aman saja. Selain itu, kuatnya sasis ini memungkinkan cover dapat dibuka-tutup dengan satu gerakan yang mulus.

Spesifikasi Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Berikut spesifikasi lengkap laptop ASUS VivoBook 14 A416 yang saya print dari situs Asus.

 

 

Guru dan Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Betapa menyenangkan memiliki Laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini. Tampilan elegan dengan dukungan berbagai fitur hebat rasanya semakin memanjakan penggunanya. VivoBook 14 A416 sangat serbaguna. Sungguh menjadi idola jiwa muda yang ekspresif dan berani berkarya.

Anda dan saya yang bekerja sebagai guru anak-anak generasi milenial dan generasi Z pasti akan terpikat dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Apalagi trend portofolio berbasis digital dan media sosial pada saat ini membutuhkan piranti yang handal untuk mengunggahnya dengan cepat dan mudah.

Ah, andai saja saya memiliki laptop ini dengan multitasking dan lancar untuk berbagai keperluan. Itulah impian saya, memiliki laptop istimewa keluaran terbaru Asus VivoBook 14 A416. Ini diibaratkan memimpikan menantu cantik, pintar, sayang suami, pengertian, dan hormat kepada mertua. 

Semoga tahun 2021 impian itu terwujud ya, Allah. Laptop dan menantu yang istimewa. Aamiin.

 

Tulisan ini dikustertakan dalam lomba blog
Asus VivoBook 14 A416 Blog Competition @didno76
Asus Indonesia

 

#VivoBookA416ID #EasyPortability #EffortlessProductivity

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

9 thoughts on “Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Makin Lancar dengan ASUS VivoBook 14 A416

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *