Agar Anak Tidak Kecanduan Gawai pada PJJ Daring

diksisusanto.blogspot.com

Penundaan pembelajaran tatap muka membuat guru menyiapkan pembelajaran secara daring. Salah satu strategi guru untuk berinteraksi dengan siswa adalah menggunakan blog.

Untuk putera-puteri bapak dan ibu yang duduk di kelas enam, silakan ikuti kegiatan belajar melalui blog di https://diksisusanto.blogspot.com/2021/01/kelas-6-tema-6-subtema-1-masyarakat.html.

Di sana, mereka bisa membaca buku teks, berlatih menjawab pertanyaan, dan bisa memberikan komentar pada blog.

Setelah beberapa pertemuan akan diberikan soal-soal ulangan. Jangan lupa pesankan agar mencatat di buku pelajaran agar bisa dipelajari kembali tanpa tergantung dengan gawai. Meskipun bisa di screenshot, mencatat pada buku akan mengurangi interaksi anak dengan gawai.

Melalui kegiatan mencatat di buku catatan, siswa juga memiliki kesempatan untuk berlatih menulis yang baik dan rapi dan membaca kembali tulisan sendiri. Ingat, siswa adalah anak yang sedang bertumbuh. Oleh karena itu, motorik siswa dalam bentuk kegiatan menulis perlu dilakukan.

Orang tua banyak mengeluh, setelah PJJ daring mereka kecanduan gawai. Alasan belajar menjadi “senjata ampuh” bagi mereka agar orang tua tidak menghalangi aktivitasnya “bermain” gawai.

Selamat mendampingi putera-puterinya ya, Bapak dan Ibu, orang tua hebat! Semoga putera-puteri Anda tidak kecanduan gawai.

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

2 thoughts on “Agar Anak Tidak Kecanduan Gawai pada PJJ Daring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *