Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan

 

 

 

 

Salam sejahtera, anak-anak Kelas 6!

Jika kalian sudah memiliki buku Tema 6, bukalah halaman 2!

Lanjutkan kalimat berikut, tulis pada buku catatanmu!

  1. Kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar halaman 2 adalah ….
  2. Masyarakat bergotong royong supaya ….
  3. Bapak-bapak menanami pohon di pinggir jalan tujuannya agar ….
  4. Masyarakat membayar pajak di bank atau di kantor pajak, artinya mereka sedang melaksanakan … sebagai warga negara.
  5. Warga masyarakat secara bergantan melaksanakan ronda malam agar ….

 

Kalian berhak menikmati lingkungan yang bersih. Kewajiban dan tanggung jawab sebagai anak yang peduli lingkungan jika lingkungan sekitar rumah kalian kotor adalah ….

 

 

Perhatikan Bacaan berikut!

Definisi Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Hak dan Kewajiban Warga Negara sebagai warga negara Indonesia wajib diketahui oleh setiap masyarakat Indonesia. Pengetahuan tersebut sangat bermanfaat untuk menghindari terjadi berbagai kesalahpahaman maupun kekeliruan ketika hidup bermasyarakat.

Antara hak dan kewajiban harus dapat berjalan seirama dan satu kesatuan yang berjalan bersama. Namun pada prakteknya, kewajiban harus dilakukan atau dilaksanakan terlebih dahulu ketika Anda ingin mendapatkan hak yang sesuai di masa yang akan datang.

Definisi Kewajiban Warga Negara

Kewajiban sebagai warga negara adalah seluruh hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan hak dari negara yang ditinggali. Contoh dari kewajiban warga negara yaitu membela kesatuan dan kerukunan antar sesama.

Definisi Hak

Hak dalam hal kewarganegaraan berarti warga negara berhak atau mempunyai wewenang untuk memperoleh beberapa hal. Misalnya penghidupan yang layak, perlindungan hukum, jaminan keamanan dan sebagainya.

Perbedaan Hak dan Kewajiban

Hak merupakan sesuatu yang diperoleh sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan atau dikerjakan. Namun sebelum warga negara mendapatkan haknya, warga negara harus menjalani atau melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu.

Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara sudah diatur dalam Undang Undang Dasar 1945.

Pasal 26, ayat 1 mengatakan bahwa yang menjadi warga negara adalah bangsa Indonesia asli. Selain itu, warga negara juga bisa berasal bangsa lain yang telah disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Syarat-syarat kewarganegaraan telah ditetapkan pada pasal 26 ayat 2.

Hak dan kewajiban juga diatur pada pasal 27 ayat 2. Ayat tersebut menyatakan bahwa segala warga negara dengan kedudukannya dalam hukum dan pemerintah, wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tersebut. Sedangkan pada ayat selanjutnya mengatakan bahwa setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.

 
 
 

Bacalah bacaan pada buku tema 6 halaman 4 yang berjudul Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia!

 
Jika kalian belajar bersama teman, coba gantian membaca bacaan tersebut. Satu orang membaca, satu orang lainnya menyimak. Gantian, gitu!
Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.
Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.
Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan  Republik  Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
Sumber: Buku Siswa SD/MI Kelas VI
Sumber: Buku Siswa SD/MI Kelas VI
Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa
Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.
Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.
a. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
b. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
d. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.
Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

Sudah membaca?

Setiap judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan informasi dari dalam teks. Kata-kata penting pada judul dapat menjadi pemandu bagi pembaca untuk menebak isi pokok atau informasi yang terdapat dalam teks. Dengan demikian, sebelummembaca teks secara keseluruhan kita dapat menebak kira-kira apa isi teks dengan cara menemukan kata penting pada judul teks. Kata-kata penting dapat disebut kata kunci.
 

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan!
1. Apa judul teks pada bacaan di atas?
2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci?
4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?

 

Selamat belajar ya, Anak-anak hebat Indonesia!

Bacaan untuk orang tua:

https://blogsusanto.com/2021/01/06/agar-anak-tidak-kecanduan-gawai-pada-pjj-daring/

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *