Membuat Blog dengan Blogger

Maraknya kegiatan belajar menulis sebagai dampak postif WFH (Work from Home) akibat pandemi, memaksa guru/pendidik untuk memiliki blog. Blog itu aplikasi tua dan sudah digunakan jutaan pengguna namun seperti tidak akan pernah usang. Selama peradaban manusia masih ada, blog sebagai wadah tulisan secara daring tidak akan lekang. Alih-alih  menghilang, semakin hari blog makin berkembang.

Anda, Bapak dan Ibu Guru atau para pembaca pada umumnya, platform blog yang familier adalah blogger. Aplikasi ini juga sudah ada di playstore. Pengguna android, kelas enam sekalipun, dapat memanfaatkan dan mulai ngeblog melalui HP. Misalnya https://khoirul-anam-78.blogspot.com/2020/12/pengalamanku-ke-posyandu.html.

Khoirul Anam adalah siswa kelas enam sekolah dasar di sebuah desa di kabupaten Musi Rawas. Ia belajar dengan guru kelasnya membuat blog dan sesekali menuliskan ceritanya ke dalam blog.

Asalkan anda memiliki akun google, maka membuat blog baru tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Setelah blog jadi, fokuslah dulu untuk mengisinya dengan berbagai tulisan.

Bagai seorang anak perempuan, ketika ia beranjak remaja, mulailah ia belajar bersolek, mempercantik diri. Demikian pula blog yang Anda miliki. Semakin banyak bertabur tulisan, tidak ada salahnya blog “dipoles” dan dipercantik.  Ribuan artikel yang memuat tutorial mempercantik blog ada di internet. Selain tulisan, tutorial pun disajikan dalam bentuk viseo melalui youtube.

Untuk Anda yang belum pernah mempunya blog dan ingin membuat blog di komputer (laptop) dapat mengikuti petunjuknya dengan membaca buku saku berikut ini.

Jika  ingin membaca di halaman ini Bapak dan Ibu Guru dapat terus membaca atau anda unduh dan pelajari pada kesempatan berikutnya. Salam.

#Jan13AISEIWritingChallenge

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

2 thoughts on “Membuat Blog dengan Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *