PJJ Makin Menarik dengan Aplikasi Book Creator

PJJ Makin Menarik dengan Aplikasi Book Creator
Gambar: Tampilan muka bookcreator.com

Tidak ada aplikasi lama jika kamu baru mengetahuinya. Kira-kira itulah kalimat yang pantas saya ucapkan kali ini. Sebuah aplikasi dikembangkan cukup lama, dipergunakan oleh pengguna sudah beberapa tahun lalu, tetapi karena saya baru tahu maka aplikasi ini masih baru bagi saya.

PJJ Makin Menarik dengan Buku Atraktif dari Book Creator

Awalnya seorang teman pada sebuah grup KKG, ibu Tri Yuliatik, membagikan link untuk membaca materi pembelajarannya pada laman read.bookcreator.com. Ketika saya berkunjung ke sana, saya dapati tampilan begini. Tidak semua halaman dalam buku itu saya tampilkan di sini, silakan pembaca mengeklik link yang sudah saya sediakan.

PJJ Makin Menarik dengan Aplikasi Book Creator
Tampilan Buku Atraktif Tri Yuliatik

Membuat Buku Atraktif dengan Book Creator

Namanya juga book creator, maka isinya adalah pembuatan buku. Namun, buku yang dibuat bukan buku digital biasa, namun termasuk jenis buku atraktif. Apa itu book creator dan buku atraktif? Mengutip laman SMK Islam dan Teknologi Kota Tegal, Book Creator adalah “tool” sederhana untuk membuat sebuah buku atraktif. Dikatakan atraktif karena bisa menampilkan gambar, tulisan dan dapat menyisipkan audio ataupun video dari biasanya yang hanya menampilkan tulisan dan gambar.

Rasa penasaran disuguhi “barang baru”, saya pun menuju laman app.bookcreator.com.

PJJ Makin Menarik dengan Aplikasi Book Creator

Saya diberi pilihan untuk sign in sbagai siswa atau sebagai guru. Saya pun memilih sign in sebagai guru. Di dalamnya ada beberapa pilihan. Karena saya membuka chrome browser, dan sudah masuk dengan akun Gmail saya, maka say memilih untuk sign in dengan google. O ya, saya mencari tombol mendaftar (sign up) tidak ada. Namun, dengan sign in menggunakan satu di antara pilihan yang tersedia, sama artinya kita sudah mendaftar dan menyetujui Terms of Service dari bookcreator .com.

Setelah saya “diterima”, sayapun dihadapkan pada pilihan tingkat kelas yang saya ajar. Saya memilih 6th (kelas 6). Setelah itu muncul beberapa pilihan subject atau mata pelajaran yang diajarkan. Untuk ini saya memilih Social Studies.

PJJ Makin Menarik dengan Aplikasi Book Creator

 

Kemudian, saya dibawa pada langkah berikutnya yaitu memberi nama perpustakaan. Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk menyimpan semua buku yang Anda buat sendiri, dan tentu saja, oleh siswa Anda, begitu keterangan yang saya baca di sana. Setelah itu klik tombol Next. 

PJJ Makin Menarik dengan Aplikasi Book Creator

 

Selanjutnya, jika tombol kuning diklik maka kita akan diajak berdialog dalam bentuk chat. Di sana juga terdapat banyak pilihan untuk melakukan aksi selanjutnya: menjawab atau memilih topik dengan mengklik tulisan berwarna biru. Jika Anda belum ingin berkonsultasi secara online, Anda dapat langsung mengeklik tombol keluar dari menu chat dan membuat “Buku Atraktif Pertama”! Hebat.

PJJ Makin Menarik dengan Aplikasi Book Creator

Selamat berkreasi!

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

16 thoughts on “PJJ Makin Menarik dengan Aplikasi Book Creator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *