Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab (Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3)

Halo, Anak-anak Kelas 6!

Selamat bertemu kembali.

Masih ingat apa itu tanggung jawab? Nah, jika lupa, ingat-ingat pelajaran terdahulu di sini

Contoh yang paling dekat dengan kalian misalnya kalian melaporkan hasil belajarmu kepada orang tua dan guru bahwa kalian belajar melalui blog ini. Laporan bisa berupa foto kegiatan belajar, catatan atau rangkuman, jawaban pertanyaan, dan sebagainya.

Jika kalian tidak mengirimkan itu semua, sana halnya kalian tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Contoh yang lain dapat kalian temukan sendiri, ya!

Pada pelajaran kali ini, anak-anak akan memelajari dampak pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.

 

Coba cermati teks berikut ini!

Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab (Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3)
Ilustrasi Membayar Pajak

Ayah Udin membayar pajak tepat waktu. Membayar pajak merupakan kewajiban warga negara. Adapun tanggung jawab warga negara adalah membayar pajak tepat waktu. Ayah Udin telah membayar pajak tepat waktu. Artinya, ayah Udin telah melaksanakan kewajiban dengan benar. Oleh karena itu, ayah Udin bisa dikatakan telah melaksanakan tanggung jawabnya dengan benar yaitu membayar pajak tepat waktu. Bagaimana jika semua warga negara memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan kewajibannya seperti ayah Udin? Apa dampak yang ditimbulkan?

Bagaimana jika semua warga negara memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan kewajibannya seperti ayah Udin? Apa dampak yang ditimbulkan?

 

Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab sebagai WNI

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara memiliki berbagai dampak, baik positif maupun negatif.

Jika semua warga negara memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka akan tercipta kesejahteraan masyarakat.

Jika semua warga negara memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara seperti yang dilakukan oleh ayah Udin, maka akan tercipta kesejahteraan masyarakat.
Dampak dari membayar pajak yakni pembangunan di Indonesia akan berlangsung dengan baik.

Jika warga negara: Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dampak yang ditimbulkan adalah negara semakin kuat.

Sebaliknya, jika warga negara tidak memiliki kesadaran melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka tujuan negara yaitu masyarakat sejahtera tidak akan pernah terwujud.

Apalagi contohnya?

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam bentuk sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat, maka dampak yang ditimbulkan adalah terwujudnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat.

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam bentuk sikap memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan, dampak yang ditimbulkan adalah kelestarian sumber daya alam dapat tetap terjaga.

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam bentuk sikap menjauhi korupsi, kriminalitas, dan penyalahgunaan kekuasaan, dampak yang ditimbulkan adalah terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

 

Anak-anak, itulah contoh pelaksanaan tanggung jawab dan dampaknya. Jika hal-hal di atas tidak dilaksanakan, menurutmu, apa yang akan terjadi? Tentu kebalikan dari yang sudah diuraikan di atas.

Nah, Anak-anakku. Demikian uraian pelajaran kita tentang dampak pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara.

Sebelum kita berpisah, rangkum uraian di atas di buku catatanmu, lalu pertanyaan di bawah ini kalian diskusikan dengan temanmu atau orang tuamu!

Pada saat ini, bangsa kita masih dalam masa pandemi. Kalian pun belum boleh melaksanakan tatap muka seperti biasanya. Coba berilah contoh tanggung jawabmu untuk membantu negara menekan penyebaran virus Covid-19 ini?

Setelah kalian jawab, foto jawabanmu dan kirimkan kepada gurumu. jangan lupa diberi nama, ya!

 

 

Selamat belajar!

 

 

 

Untuk guru

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menjelaskan dampak pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dalam kegiatan membuat kliping tentang upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera, siswa dapat membuat kliping tentang upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *