Membuat Blog dan Memulai Menulis

Saya sudah punya blog, Pak. Bahkan saya sudah lebih dulu menulis dari Bapak. Ya, mungkin sebagian dari Anda sudah melakukannya. Saya sangat mengapresiasi dan salut. Bahkan saya ingin belajar dari Anda dalam hal ini. Tulisan ini memang saya tujukan untuk rekan saya. Mereka yang belum memiliki blog atau sudah punya blog namun berisi dua atau tiga postingan, sesudahnya tidak ada pembaruan lagi.

Jenis Blog yang Perlu Kita Ketahui

Saya tahunya blog pribadi. Ya, seperti blog yang sedang Anda nikmati ini, blogsusanto.com. Ternyata, selain blog pribadi masih ada jenis-jenis blog lainnya. Ada blog otoritas (authority blogs), blog niche, blog perusahaan, dan blog spam.

Seorang blogger serius yang bertujuan menjadi ahli pada topik yang dibahasnya menggaet pengunjung tidak hanya dari mesin pencari namun juga media sosial. Media sosial dimaksud seperti Twitter, Facebook, atau Pinterest menjadi sasaran pembaca blog ini. Blog yang dibuat oleh orang seperti itu dinamakan blog otoritas. Blog ini memiliki trafik pengunjung yang tinggi yang berasal dari media sosial dan berpotensi menghasilkan uang.

Pernahkah ada yang bertanya kepada Anda: niche blognya apa, ya? Jika anda cari dalam kamus, niche artinye ceruk. Ceruk itu sendiri dalam bahasa Indonesia berarti lekuk, lubang, dan sebagainya. Dalam dunia blogging niche lain lagi diartikan. Kata itu merujuk pada suatu konten blog dengan topik tertentu. Blogger jenis ini sangat mementingkan kata kunci, agar mesin pencari semisal google dapat menempatkannya pada halaman pertama. Dengan demikian, kemungkinan dibaca semakin besar. Trafik pengunjung tinggi, ujung-ujungnya juga berpotensi menghasilkan uang.

Blog prusahaan adalah blog yang digunakan oleh website perusahaan. Tujuannya menginformasikan pengumuman penting, berkomunikasi dengan pelanggan, mengenalkan produk atau jasa terbaru mereka.

Jenis terakhir adalah blog spam. Umumnya blog ini tidak bermutu karena memang tdak mementingkan kualitas. Menurut blogodolar.com, blog spam menggunakan perangkat lunak pengambil konten dari blog atau website orang lain. Pantas saja blog mereka mudah sekali terisi konten. Blog yang satu ini sangat tidak direkomendasikan.

Mulai Menulis di Blog Pribadi

Sebagai pemula yang memanfaatkan blog sebagai wahana penerbitan tulisan, blog pribadi adalah pilihan. Tulisan boleh saja berisi beragam topik, bersifat sebagai catatan online penulisnya, atau sekedar mengisi waktu luang. Blog pribadi juga menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki kegemaran menulis.

Biasanya domain yang digunakan adalah domain gratisan yang disediakan penyedia jasa blogging platform. Penulis blog ini juga belum berpikir untuk menggunakan domain berbayar atau menyewa hosting. Selain itu juga belum berpikir untuk menghasilkan uang. Namun tidak menutup kemungkinan akibat dari konsistensi menulis dan tulisan yang dihasilkannya baik maka blognya akan dilirik pihak ketiga. Atau jika rajin mengikuti lomba-lomba blog yang diselnggarakan berbagai kalangan, maka dengan sendirinya akan mendapatkan sesuatu jika menang.

Blogger atau WordPress

Blog yang selama ini sering ditemui adalah Blogger dengan ekstensinya blogspot(.)com dan Worpress dengan ekstensi wordpress(.)com. Sebenarnya di luar itu masih ada blogging platform lainnya. Platform blog selain Blogger dan WordPress yaitu:  Medium, Tumblr, Wattped, Wix, WordPress.org, Joomla!, dan Drupal.

Penulis menyarankan, untuk pemula lebih baik menggunakan Blogger. Blogging platform ini milik Google.  Banyak fitur yang terintegrasi dengan aplikasi atau jasa milik Google. Anda bisa menyematkan video dari Youtube dengan mudah, menyematkan file dari Google Drive, dan sebagainya. Walaupun wordpress juga gratis, namun memiliki keterbatasan jika akun Anda belum ditingkatkan menjadi akun berbayar. Cukup dengan satu akun google, Anda sudah bisa membuat berbagai macam blog di blogspot(.)com.

Tunggu apa lagi? Ayo, membuat blog! Yang sudah punya dan “mangkrak” ayo kita isi kembali. Apa pun blogging platform yang digunakan mari kita isi dengan tulisan.

 

Salam blogger sehat
PakDSus
SDN Mardiharjo, Musi Rawas

 

                      

#NaskahKetiga

#DariBlogMenjadiBuku

 

 

 

Sumur:

  1. https://www.blogodolar.com/5-jenis-blog-yang-sebaiknya-anda-ketahui/
  2. https://medium.com/@rinanurhadi/pengertian-niche-dalam-dunia-blogging-f38247bf892b
  3. https://www.niagahoster.co.id/blog/platform-blog/

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

6 thoughts on “Membuat Blog dan Memulai Menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *