Apa Arti Sebuah Nama

Halo, Pembaca! Selamat datang dan bertemu kembali di blog sederhana ini, blog Susanto. Nama yang pendek, pasaran, dan tidak memiliki nama belakang. Tidak seperti John Smith, Edgar Dale, Sucipto Adi, Rita Wati, atau Bryan Prasetyawan. Saya ingin bercerita kembali tentang salah satu kegiatan teman-teman saya di sebuah grup yang berisi para pendidik yang menjadi blogger, Lagerunal. Suku kata “ru” pada nama tersebut adalah singkatan dari guru. Cakrawala blogger guru nasional disingkat Lagerunal adalah nama grup dan juga blog yang dikelola para guru yang juga blogger.

Guru, tepatnya pendidik, yang tergabung di komunitas Lagerunal selalu antusias jika disodori sebuah tema untuk  ditulis, terutama pada kegiatan #KamisMenulis. Ya, blogger kan menulis. Wajar dong, jika mereka terpacu untuk menulis? Apalagi blogger yang sedang buntu ide. Mereka terbantu dengan tantangan itu. Demikian pula anggota yang semangat menulisnya muncul jika ada tantangan. Lebih dari itu tantangan menulis menjadi wahana untuk menggali kemampuan menulis.

Sebut saja misalnya Ibu Indri. Guru blogger ini merasa bersyukur dengan mengatakan bahwa bermain #SuakaMargaKata pada kegiatan #KamisMenulis Lagerunal, dapat dijadikan wadah untuk mengeksplore kemampuan menulis. “Tantangan ini menambah wawasan saya,” begitu tulisnya.

Tantangan #Kamis Menulis edisi 18 Februari 2021 adalah mengeksplorasi sebuah kata “anggota” Suaka Marga Kata bahasa Indonesia, bahadur. Kata ini menjadi kata kedua sesudah kata lose yang dijadikan tantangan beberapa waktu lalu.

Beragam Tulisan tentang Bahadur

Kata yang tergolong klasik dalam bahasa kita itu, tentu membuat penasaran para anggota. Namun sang pencetus ide, Mazmo yang menyajikannya dengan apik dalam puisi darik bertajuk Bahadur Bahagia Berbagi sedikit memberi gambaran makna yang terkandung dalam salah satu lema klasik yang jarang terdengar.

Sebagian lagi tentu membuka kamus dan/atau situs internet untuk mencari makna bahadur. Didapatlah makna kata tersebut. Sebagai kata benda (noun), bahadur berarti pahlawan atau satria. sebagai adjektiva atau kata yang menjelaskan nomina atau pronomina, kata tersebut bermakna gagah berani. Nah, setelah ketemu makna kata yang dijadikan tantangan, ramai-ramai teman membuat tulisan tentang kata bahadur itu. Puisi darik, puisi patidusa, atau puisi akrostik BAHADUR oleh Ibu Sri Yamini, “soulmate” saya ketika ada tantangan menulis berpasangan tercipta dengan tema bahadur.

Tulisan lainnya berupa esai pendek tentang seorang tokoh yakni Maharaja Bahadur. dan Pangeran Antasari yang ditulis oleh Ibu Hj. Jawahir. Ada pula yang mencoba menuturkan tentang tokoh dalam cerita yang dibacanya sebagai tokoh antagonis yang berkonotasi jahat. Itu bertentangan dengan makna yang melekat pada namanya. Tulisan itu dapat pembaca nikmati pada tulisan Ibu Pipit, Pak Nasiroen, atau Pak Imam Syafi’i.

Kamis menulis sangat asyik dan syang untuk dilewatkan. Anda guru dan blogger? Mengapa tidak mencoba bergabung ke grup Lagerunal. Buka saja blognya para guru itu di sini.

Salam blogger sehat
PakDSus
https://blogsusanto.com/

 

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

21 thoughts on “Apa Arti Sebuah Nama

  • 19/02/2021 at 10:57
    Permalink

    Wah catatan lengkap blog walkingnya dengan tema bahadur. Mantap.

    Reply
  • 19/02/2021 at 06:59
    Permalink

    Nembah nuwun pak D, editorialnya pancen keren. Apalah arti sebuah nama. Top markotop. Salam hormat pak D..

    Reply
    • 19/02/2021 at 07:16
      Permalink

      Terima kasih, Pak Syafii. Linknya bisa dibuka, bukan?

      Reply
  • 19/02/2021 at 06:30
    Permalink

    Wow… tulisan Pak D memang selalu iyyess!

    Reply
    • 18/02/2021 at 22:40
      Permalink

      Makasih Bu Pipit, membantu meramaikan blog teman dengan backlink.

      Reply
  • 18/02/2021 at 22:16
    Permalink

    Menarik, Bahadur dikemas dalam kesimpulan mengomentari dari setiap tulisan yang dikunjungi.
    Sayang sekali, tulisan saya mengudara setelah postingan Pak D. Jadi backlink Indrakeren tidak termasuk dalam tulisannya.

    Sehat selalu Pak D

    Reply
    • 18/02/2021 at 23:27
      Permalink

      Enak baca tulisannya.
      Terimakasih sdah “ba ilang”(banjar=berkunjung) di blognya nini

      Reply
  • 18/02/2021 at 21:37
    Permalink

    Terima kasih untuk reportasenya yang lengkap, Pak D. Sekali mendayung banyak pulau terlampaui namanya ini

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *