Flyer untuk Membantu Guru Membuat Soal Sesuai Kaidah

Membuat soal. Pekerjaan yang pernah dan selalu dilakukan guru di sekolah. Guru tidak hanya merencanakan pembelajaran dan melaksanakannya di kelas tatap muka maupun secara daring. Sesudah melaksanakan pembelajaran, guru ingin mengetahui apakah tujuan yang ditetapkan sudah tercapai. Alat ukurnya adalah tes. Tes dapat dilakukan secara tertulis maupun lisan, baik lisan maupun secara tertulis.

Secara teori tes itu merupakan alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan (Suharsimi Arikunto, 2007). Guru memberikan tes berupa pemberian tugas atau serangkaian tugas. Tugas-tugas tersebut berupa aneka pertanyaan yang harus dijawab. Dapat pula berbentuk berbagai perintah yang harus dilakukan/dikerjakan.

Orang yang mengerjakan tes atau testee melakukan tugas tersebut, hasilnya merupakan data pengukuran sebagai lambang hasil tingkah laku atau prestasinya. Hasilnya dibandingkan dengan nilai standar tertentu atau KKM (kriteria ketuntasan minimal). Dengan demikian testee dinyatakan telah tuntas atau belum pada kompetensi tertentu.

Bentuk Tes

Dipandang dari sistem penskorannya dan besarnya pengaruh pemberi skor, tes buatan guru dikategorikan menjadi dua, yaitu objektif dan tes subjektif (non-objektif). Dikatakan objektif karena besarnya skor setiap jawaban benar adalah sama. Oleh karena itu, meskipun diperiksa oleh banyak pemeriksa, hasilnya akan sama.

Tes subjektif atau tes non-objektif  umumnya disebut dengan tes uraian. Tes ini, meskipun diberi “kunci jawaban” cara menyekornya, tetap saja pemberian skornya dipengaruhi oleh pemberi skor. Dengan kata lain, dipengaruhi oleh subjektivitas pemberi skor.

Salah satu bentuk tes objektif yang sering kita jumpai adalah soal pilihan ganda dalam bentuk melengkapi pilihan dengan empat atau lima pilihan. Yang sering dilakukan guru adalah melengkapi dengan tiga pilihan untuk kelas rendah sekolah dasar dan empat pilihan untuk kelas tinggi pendidikan dasar.

Menulis soal pilihan ganda tentu membutuhkan keterampilan, di samping manaati rambu-rambu penulisan soal yang baik. Menulis soal bentuk pilihan ganda artinya menuliskan pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option). Pilihan jawaban mengandung satu jawaban yang paling benar dan pilihan pengecoh (distractor).

Untuk membantu teman-teman guru memahami uraian tentang kaidah-kaidah penulisan soal pilihan ganda, saya pun tergerak untuk membuat flyer yang memuat kadiah penulisan soal tersebut satu demi satu. Flyer tersebut saya bagikan kepada rekan-rekan di grup maupun di facebook. Saya berharap teman-teman guru lebih mudah memahami lalu “teringat” dan menerapkannya dalam membuat soal pilihan ganda yang baik. Flyer tersebut saya beri label Soal Apik ~ Pilihan Ganda.

Secara berkala akan saya terbitkan di blog ini juga. Berikut contoh flyer untuk memahami kaidah penulisan soal pilihan ganda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salam blogger sehat
PakDSus
https://blogsusanto.com/

 

 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

21 thoughts on “Flyer untuk Membantu Guru Membuat Soal Sesuai Kaidah

  • 23/02/2021 at 08:53
    Permalink

    Sahabat semua, terima kasih kunjungannya. Semoga semua sehat!

    Reply
  • 23/02/2021 at 08:16
    Permalink

    Terimakasih Pak D.
    Terasa di refresh otak ini, setelah membaca tulisan Pak D
    Sehat selalu Pak D

    Reply
  • 23/02/2021 at 04:24
    Permalink

    Terima kasih Pak D sudah berbagi..

    Reply
    • 23/02/2021 at 04:26
      Permalink

      Terima kasih Pak D sudah berbagi ilmu

      Reply
  • 22/02/2021 at 23:04
    Permalink

    Master Susanto, trimks share ilmunya keren… Sebentar lagi kita akan melaksanakan PTS /UTS Smt 2 .Alhamdulillah sdh diikatkan mantap

    Reply
  • 22/02/2021 at 20:36
    Permalink

    Tulisannya yang lengkap jadi tambah mengetahui tentang penulisan soal

    Reply
  • 22/02/2021 at 17:42
    Permalink

    sangat bermanfaat pak guruku trm ksh ilmu nya. semoga pak guru sehat dan selalu menginspirasi

    Reply
  • 22/02/2021 at 13:53
    Permalink

    Sangat bermanfaat dan momennya tepat sekali..pas saya butuh ☺️
    Terima kasih Pak D

    Reply
  • 22/02/2021 at 12:40
    Permalink

    Pak D mengajarkan pentingnya kreatif. Terimakasih ide-idenya selalu segar.

    Reply
  • 22/02/2021 at 10:53
    Permalink

    Bermanfaat banget, Pak D. Seandainya kumpulan gambar dijadikan widget blog pasti akan lebih menarik. 🙂

    Reply
    • 22/02/2021 at 07:16
      Permalink

      Terima kasih telah berbagi ilmu yang sangat berharga pak D. Nembah Nuwun. Mugi-mugi barokah. Aamiin.

      Reply
      • 23/02/2021 at 07:44
        Permalink

        Bermanfaat, Pak D. Sekaligus bongkar dan kaji ulang pengetahuan dulu ttg teori membuat soal yg mulai tenggelam

        Reply
  • 22/02/2021 at 06:33
    Permalink

    Benar sekali pakD. Sangat manfaat sbg pengingat dlm penulisan, yg terkadang sering terlupa, trima ksh flayer pengingatnya..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *