Puisi untuk Ibu

“Mama, lihat video kiriman Bu Guru!” teriak Marsya ketika grup whatsapp kelas 1 berdering.

“O, ya? Sebentar, mama masih membereskan pakaian untuk disetrika nanti,” jawabku kepada anakku satu-satunya yang masih duduk di kelas 1.

Sebagai ibu aku ikut sibuk sejak pembelajaran di sekolahnya dilaksanakan secara daring. Aku sebenarnya ingin agar pembelajaran tatap muka kembali normal. Namun apa daya, keadaan belum mengizinkan. Tepatnya, pemerintah belum mengizinkan sekolah dibuka secara resmi untuk melakukan pembelajaran tatap muka sebagaimana biasa.

Di daerahku memang ada yang sudah tatap muka, namun terbatas waktunya dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Umumnya itu berlangsung di perdesaan yang mobilitas masyarakatnya tidak seaktif tempat kami yang berada di pinggiran kota.

Berita itu aku ketahui dari koran lokal dan juga cerita teman-temanku melalui media sosial yang aku punya.

“Mari kita lihat bersama, Marsya,” kataku kepada Marsya yang kelihatannya tidak sabar ingin membuka video dari sebuah channel youtube yang dikirimkan ibu gurunya.

“Marsya, ini video puisi. Puisi ini untuk megungkapkan kasih sayang kepada ibu. Ternyata ada dua, nih. Di bawahnya ada perintah Bu Guru, loh. Kamu diminta menonton lalu menghapalkan dan berpuisi seperti dalam video lalu mama rekam,” kataku setelah mengambil gawai dari tangan Marsya.

“Mama catat puisinya dulu, ya!” kataku meminta waktu. Setelah itu, kami berdua menikmati puisi yang dibawakan oleh dua orang anak perempuan.

Ibu

Ibu …
Aku sayang ibu

Ibu berjuang melahirkanku
Ibu juga merawatku dengan penuh kasih sayang

Ibu …
Engkau ibuku
Aku sayang ibu
Semoga Tuhan menyayangi ibu
Seperti ibu menyayangiku.

 

 

 

 

Salam blogger Musi Rawas
PakDSus
https://blogsusanto.com/

 

#26FebAISEIWritingChallenge,
#kasihsayang,
#nulis15menit,
#pikir15menit,
#thepowerofkepepet,

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

3 thoughts on “Puisi untuk Ibu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *