Diselisik Tanpa Sirik

pngdownload.id

 

Kegiatan #KamisMenulis bagiku berubah menjadi #KamisMengusik. Kamis menulis adalah event mingguan sahabat Lagerunal, sebuah komunitas yang sebagian besar anggotanya adalah guru yang nyambi menjadi blogger. Kamis menulis menjadi #KamisMengusik itu hanya aku yang merasakan. Pasalnya, tema menulis hari Kamis ini adalah keroyok blog. Blog yang dikeroyok kali ini adalah blog ini. Keruan saja yang ketiban panik adalah aku, sebagai sang pemilik.

Sejujurnya aku merasa bergidik. Betapa tidak, blog yang mencantumkan tahun pertama menggoreskan tulisan pada 2009 isinya tidak sebagus dan sebermutu blognya para kawakan. Ya, kuakui aku tidak pandai menulis. Jadi, jangan heran apabila 11 tahun hanya ada beberapa postingan, itu pun salin tempel tulisan orang.

Blog ini pada awalnya berdomain blogspot dengan alamat: http://susantogombong.blogspot.com

Dasar iseng dan suka utak-atik (perbaikan dengan mencoba-coba), berulang kali tema blog ini berganti. Tidak ada rasa puasnya. Tema blog bersalin rupa seperti ular yang berganti kulit, 4 hingga 8 kali dalam setahun.

Banyak membaca tutorial blogging, membuat hati tergiur membeli hosting. Lahirlah domain dot(.) com. Namun, karena tidak ingin kehilangan tulisan pada domain lama, akhirnya mengutak-utik kembali dengan menginstal plugin untuk ‘mengangkut’ materi pada blogspot ke rumah barunya di wordpress(.)org.

Hanya iseng dan utak-utik mengikuti tutorial yang ada. Tidak pernah menghayati atau menyimpan caranya di memori otak. Jadi, jika ditanya bagaimana prosesnya, jawabannya adalah: lupa. 

Salin Rupa Ganti Tema

Terhitung bulan September 2020, aku membeli domain dot(.)com dengan hosting di domainesia. Beberapa situs berisi tutorial wordpress menggiurkan hati untuk kembali mengutak-atik: tema, menu, plugin, dan sebagainya. Tetapi apa yang terjadi, tidak makin bagus malah makin ajur, ha ha ha ….

Selain tulisan yang gado-gado, bongkar pasang tema beberapa kali menyebabkan pendaftaran di Google Adsense agar beroleh iklan tidak pernah dikabulkan dan selalu dijanjikan: kami akan meninjau situs Anda, hal ini mungkin memakan waktu beberapa hari. 

Hari yang dijanjikan pun tidak kunjung datang. Rupanya bongkar pasang tema ngefek terhadap peninjauan Google karena dianggap blog baru. Diiringi rasa kecewa, akhirnya akun Google Adsense pun aku tutup. Pupus sudah harapan menerima iklan. meskipun begitu, suatu saat akun adsense akan aku aktifkan kembali. Siapa tahu Allah masih memberi peluang rezeki.

“Ya, mestinya Bapak Tua harus tahu diri dan fokus menulis saja. Utak-atik itu ‘gawean’ anak muda.”

Begitu suara tanpa rupa dari dunia gaib mengiang-ngiang. Namun ngoprek blog ternyata bikin ketagihan dan penasaran. Meskipun tema Colormag yang sekarang aku digunakan diapresiasi dengan baik oleh beberapa teman, rasa penasaran masih tetap ada untuk menggantinya suatu saat. Ya, ampun! Namun aku bertekad, berusaha untuk tetap istiqomah, he he he. Agar kalian tidak bilang: Dasar Bapak Tua, tidak ingat usia!

Begitulah kisah blog sederhana ini. Kamis menulis yang berubah menjadi #KamisMengusik lantaran blog ini diselisik tidak membuat hati gundah gulana. Kalimat positif (semoga bukan karena tidak enak) membesarkan hati hingga jumantara. Pun sebaliknya, kalimat kritik aku terima dengan lapang dada. Apalagi kalimat kocak Pak Rizky, meskipun nadanya bagai cabai rawit merah, tidak membikin naik darah.

Sungguh Kamis yang asyik, menyelisik blog tanpa rasa sirik. Membuat hati tergelitik untuk berbuat agar blog ini semakin baik.

Terima kasih para sahabat yang telah meluangkan waktunya untuk diriku. Rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya buat Anda semua, ya!

Special thanks to:

1. Indrakeren
2. Ambu Tini
3. Rizky Kurnia Rahman
4.Rahmawati
5. E. Hasanah
6. Suyati
7. Hariyanto
8. Aam 
9. Sri Yamini

 

 

Salam blogger sehat

PakDSus

https://blogsusanto.com/ 

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

11 thoughts on “Diselisik Tanpa Sirik

  • 01/04/2021 at 20:10
    Permalink

    tidak ada kata untuk tidak menyukai blog ini.

    luar biasa

    Reply
  • 30/03/2021 at 09:05
    Permalink

    Mantap pak D. Itulah contoh Pembelajar Sepanjang Hayat…..tidak pernah bosan atak Atik blog… Hehehe. Saya belum sempat dan takut hancur duluan….. tersesat di hutan blogger jika otak Atik sembarangan . Makanya perubahannya pelan di blog saya. Salam literasi pak D

    Reply
    • 31/03/2021 at 18:33
      Permalink

      Kalo saya kok malah takut utak utik,takut salah pak D, per nah utak-atik waktu sedang zoom malah hilang,lalu ga ikut foto bersama peserta lainnya,jadi trauma mau utak- Atik.

      Reply
  • 30/03/2021 at 08:18
    Permalink

    Maa syaa Allah Pak guruku semangat nya luar biasa. sy yg muda tdk sesemangat pak guru. malu bener2 malu saya.
    jazakallahu khoiron kastiron pak guruku atas semangat dan ilmu2 nya….

    Reply
  • 30/03/2021 at 07:19
    Permalink

    Anda semua, hebat. Terima kasih sudah berkenan “ngulik”.

    Reply
  • 30/03/2021 at 06:58
    Permalink

    Master Susanto, trimks sdh share ilmunya pagi yg dingin keren…. Krn di Bandung sejak subuh sampai saat ini masih hujan. Betul sekali… Kita sebagai orang tua yg lagi belajar jadi blogger hrs banyak belajar dari yg muda.

    Reply
  • 30/03/2021 at 06:38
    Permalink

    Kembali kasih Pak D
    Sehat dan Sukses dalam mengarungi kehidupan yang luar biasa ini

    Reply
  • 30/03/2021 at 06:37
    Permalink

    Sebenarnya masih malu saya untuk mengulik Blognya Pak D, karena saya belum punya ilmu ngeblog, baru belajar, malah saya banyak belajar dari Pak D, mohon maaf jika da yang tidak berkenan Pak D dan trimkasih banyak sudah menginspirasi

    Reply
  • 30/03/2021 at 02:27
    Permalink

    Apa yang bisa dikata sama anak bawang ini, rumahnya pak D keren….isinya luar biasa…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *