Google Adsense

Beberapa waktu yang lalu, akibat menunggu sesuatu yang tidak kunjung datang, yakni Google Adsense, saya menutup akun Google Adsense saya. Namun sesudahnya saya mempelajari kembali bagaimana cara aplikasi Google tentang periklanan di website bekerja, akun pun saya pulihkan.

Setelah akun adsense saya pulihkan, ada perintah untuk menyematkan kode adsense ke dalam blog/website saya. Bingung? Iya. Saya pun bertanya kepada teman yang lebih dulu berhasil menayangkan iklan di web-nya. Hampir satu jam belum kunjung mendapat jawaban. Akhirnya berselancar dan menemukan plugin Site Kit by Google dan Quick Adsense. Dengan kedua plugin dan tutorial yang ada di internet, saya pasang kode yang dimaskud lalu langkah-langkah yag harus dilalui.

Akhirnta, pada tanggal 1 April 2021, saya mendapat “April Mop” dari Google. Saya pikir itu lelucon saja. E, … tidak tahunya¬†beneran. Pada laman G-mail, saya mendapat pemberitahuan bahwa Situs Anda (https://blogsusanto.com) sudah bisa menampilkan iklan AdSense dan mulai menghasilkan uang.

Saya tahu, uang dari iklan yang ditayangkan besarnya tidak seberapa. Namun bukan itu yang membuat saya bahagia. Penantian panjang karena tidak memahami cara memasang kode, telah terobati dengan adanya pemberitahuan tersebut.

Saya menyadari, bahwa pembaca tidak akan nyaman jika laman terlalu banyak iklan, oleh karena itu saya terus belajar bagaimana mengatur dan menempatkan iklan. Namun sementara ini saya tidak perlu risau karena toh saya masih belajar menulis, belum banyak konten yang layak, sehingga iklan yang tayang pun belum terlalu mengganggu.

Blog yang Bisa Menampilkan Iklan Adsense

Blog dengan TLD (Top Level Domain) semacam, .com, .id, xyz, maupun blog dengan subdomain blogspot dapat menghasilkan iklan dengan adsense. Tentu saja langkah pertama adalah mendaftar Google Adsense.

Namun perlu diingat juga bahwa tidak semua website akan diterima oleh Google AdSense. Umur pengguna tidak boleh kurang dari 18 tahun. Selain itu, ada beberapa hal yang dilakukan pemilik blog jika ingin mendaftar di Google Adsense. Saya mengutip penjeasan dari dewaweb.com, hal-ha yang perlu Anda perhatikan jika ingin mendaftar Google Adsense.

Kualitas Konten
Google tidak akan menerima blog yang menggunakan konten duplikasi atau curian. Jika harus mengutip, cantumkan sumber Anda mengutip artikel tersebut. Google mencari konten yang berkualitas yang belum ada di pasaran. Salah satu kriteria konten berkualitas adalah konten yang berguna dan memberikan informasi baru kepada pembacanya.

Pemilik blog membuat about, contact, dan privacy policy
Salah satu ciri bahwa Anda serius dengan website dan blog Anda adalah kontinyu mengisi konten. Jangan lupa untuk menyertakan halaman About, Contact, dan Privacy Policy agar website Anda terlihat professional.

Informasi lengkap
Pencantuman nama dan email address Anda di website Anda jangan dilupakan, misalnya meletakkannya pada halaman About Us atau Contact. Ini bisa membantu team Google AdSense untuk mengkonfirmasi apakah benar Anda mendaftarkan diri untuk Google AdSense dan website Anda bukanlah website bots atau spam.

Konten Blog
Selain strategi konten yang sudah disebutkan di atas, Anda harus menghindari konten yang tidak disukai AdSense. Beberapa jenis dan kategori konten yang tidak disukai AdSense: pornografi, konten bajakan, tutorial hacking, obat-obatan terlarang, dan hal-hal illegal.

Itulah cerita tentang Google Adsense yang sebelumnya saya tunggu bertahun-tahun akibat “ketidaktahuan”. Dengan belajar, sedikit demi sedikit pengetahuan bertambah. Namun demikin, para pembaca, semoga tetap nyaman menikmati tulisan di blog ini, ya!

 

Salam blogger sehat
PakDSus
https://blogsusanto.com/

 

#AprilChallenge, Hari Ke-7 Huruf G, Lagerunal

Susanto

Pendidik, Ayah 4 Orang Anak, Blogger, Penikmat Musik Keroncong.

2 thoughts on “Google Adsense

  • 08/04/2021 at 10:07
    Permalink

    Master Susanto, trimks share ilmunya keren… Emak juga pernah ada email dari google Adsense ttp tdk tahu kegunaannya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *